Pilkades Bojong Indah Antar Waktu Akan Dilaksanakan di Gunung Kapur Kec. Parung

Kan. Bogor, Lensa Expose.com

Desa Bojong Indah Kecamatan Parung kabupaten Bogor akan melaksanakan pemilihan kepala desa antar Waktu Minggu 04 September 2022, dilokasi pariwisata Gunung Kapur yang merupakan lokasi Wisata sangat dikenal oleh masyarakat Parung dan sekitarnya.

Ketua panitia penyelenggara beserta jajarannya sepakat memilih lokasi Gunung Kapur yang sudah terkenal nyaman, sejuk dan asri.

“Lokasinya bagus dan nyaman, cocok buat melaksanakan pesta rakyat,” jelas ketua panitia DR.H.Yahya.M.Pd kepada media ini.

DR.H.Yahya Iskandar.M.Pd mengatakan panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu desa Bojong Indah kecamatan Parung sudah terbentuk dan dilantik 17 Juli 2022 dan pada tanggal 18 Juli 2022 panitia membuka pendaftaran balon kades PAW, terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya di hari hari berikutnya panitia melaksanakan tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku. Diakhiri pendaftaran yang mendaftar balon kades sebanyak 5 orang.

“Karena yang mendaftar lebih dari 3 orang, sesuai aturan harus diadakan seleksi,” tegasnya.

Dikatakannya untuk seleksi, panitia berkoordinasi dengan panitia kecamatan, dan diadakan seleksi di kecamatan Parung mengenai kelengkapan administrasi dan syarat lainnya.

“Panitia kecamatanParung mengadakan test seleksi kelima balon itu dengan materi antara lain tentang UUD.45, Pengembangan desa, bahasa Indonesia diberikan waktu 120 menit selesai langsung diumumkan, yang lulus seleksi untuk maju tahapan berikutnya selesai seleksi diumumkan kemudian hari Senin, 29/08/2022 tahapan balon menjadi calon,” imbuhnya.

Panitia telah menetapkan calon kepala desa PAW yaitu Ahmad Joni, Satiri, dan Wahyu. Mereka bertiga yang maju menjadi calon kades dan selanjutnya prosesi mendapatkan nomor urut. Di hari H nanti, mereka oleh panitia dipersilahkan mengambil nomor untuk memilih nomor setelah masing masing calon menyampaikan visi dan misi mereka selama 6 menit.sebagai calon kades di depan pemilih.

“Hari ini Rabu, 31 Agustus 2022 panitia berserta jajaran pemerintahan desa Bojong Indah dihadiri Plt kades Bojong Indah, Ismail, BPD, para pemilih dari setiap RT lima orang untuk diambil hak pilihnya terdiri dari ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, ibu ketua majelis taklim sebagai petwakilan perempuan, kemudian 9 orang dari BPD, 9 orang DKM, 1 orang dari PKK 1 orang dari LPM, 1 orang lagi dari posyandu, jadi jumlah daftar pemilih 107 orang pemilih tetap,”papar ketua panitia, DR. H.Yahya Iskandar.M.Pd.

DR.H.Yahya Iskandar.M.Pd selaku ketua pilkades Antar Waktu desa Bojong Indah dimana beliau juga masih aktif menjadi dosen di UIN Jakarta mengutarakan bahwa untuk lokasi Pemilihan Antar Waktu Kepala Desa Bojong Indah diputuska di Gunung Kapur Desa Bojong Indah Kecamatan parung, yang akan diselenggarakan pada hari Minggu mendatang tanggal 04/09/2022, tambahnya.

Pelaksanaan Pilkades Antar Waktu ini karena ada kekosongan jabatan kepala desa, disebabkan kepala desa definitif sebelumnya meninggal dunia.

“Berdasarkan hal itu dan merujuk Peraturan Bupati Bogor Nomor 66 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa, maka dibentuklah panitia,”imbuhnya.

Plt. Kades Ismail berharap perwakilan masyarakat secara keseluruhan hadir untuk memilih kepala desa definitif yang baru nanti.

“Siapapun yang terpilih nanti merupakan hasil pilihan masyarakat dan yang tidak terpilih diharapkan bisa menerima hasilnya,” ujar Ismail. (Ry/Zul)

 286 total views,  3 views today