Ketua FKKC Bersama Aparatur Pemerintah Adakan Agenda Tahunan “Haul Mbah Kuwu Cirebon”

Cirebon | Lensaexpose.com

Forum Kuwu Kabupaten Cirebon (FKKC), yang dinakhodai Muali Kuwu Desa Kraton setiap tahun menyelenggarakan kegiatan haul Mbah Kuwu Cirebon dalam bentuk tahlilan dan doa bersama.

Do’a bersama yang dilaksanakan di Makbaroh Mbah Kuwu Cirebon yang bernama asli P. Cakrabuana putra dari pasangan Prabu Siliwangi dengan Nyi Subang Larang Santriwati Syeh Quro Karawang, Makbaroh atau petilasan terletak di Desa Cirebon Girang Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Rabu 24 Agustus 2022.

Kegiatan haul biasa dilakukan bulan Muharram di Makbaroh Mbah Kuwu Cirebon yang dihadiri para Kuwu sekitar 250 Kuwu dari 412 Kuwu se Kabupaten Cirebon, juga Hj. Wahyu Ciptaningsih Wakil Bupati Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, Erus Rusmana Kepala Dinas PMD, H. M. Luthfie Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Siska Anggota DPRD Kabupaten Cirebon fraksi Golkar dan H. Imron, MAg, Bupati Cirebon.

Kegiatan haul tidak hanya di Makbaroh Mbah Kuwu Cirebon saja tapi dilanjutkan ke Makbaroh Sayidi Syekh Syarif Hidayatullah Kanjeng Sunan Gunung Jati di Astana Gunung Sembung Desa Gunung Jati kecamatan Gunung Jati, untuk acara tahlilan dan doa bersama dipimpin Habib Tohir Yahya Sesepuh para kyai di Cirebon.

Kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana acara tidak hanya tahlilan dan doa bersama, tapi juga ada pagelaran seni budaya berupa panggung Sandiwara yang akan diadakan malam ini di halaman Kantor Bupati Cirebon. Jelas Muali (Ketua Fkkc Cirebon).

Untuk mengadakan Tabligh Akbar yang akan dilaksanakan di kantor Kecamatan Waled pada hari Sabtu 27 Agustus 2022, dengan menghadirkan para sesepuh dan tokoh Ustad seluruh kabupaten Cirebon, ujarnya

Usai acara tahlilan Muali Ketua FKKC menjelaskan pada media dan mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda yang telah hadir dan mendukung kegiatan ini, juga untuk awak media yang hadir dan lebih khusus buat sedulur Kuwu yang hadir dan tidak bisa ikut bergabung karena kesibukan di desanya, jelasnya.

“Dua tahun lalu kita vakum karena pandemi dan baru tahun ini dapat ini ijin lagi dari Kapolresta Cirebon dan Kapolres Ciko,” ungkapnya.

Ada pemandangan menarik karena wilayah kabupaten Cirebon sebagian masuk dalam wilayah hukum kota Cirebon, sehingga saat acara di Makbaroh Mbah Kuwu Cirebon di Kecamatan Talun.

Turut hadir dalam giat tersebut, Kombes Pol Arif Budiman dan di Makbaroh Sayidi Syekh Syarif Hidayatullah yang terletak di Kecamatan Gunung Jati yang hadir ikut kegiatan AKBP M. Fahri Siregar Kapolres Ciko karena kecamatan Gunung Jati wilayah hukumnya ikut Kota Cirebon.

Dengan momen ini kita menghimbau seluruh Kuwu di kabupaten Cirebon untuk bisa memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat yang rukun guyub dan semangat gotong royong pulih kembali, dan bisa memaknai doa bersama untuk orang tua dan sesepuh kita Mbah Kuwu Cirebon.

“Harapannya di momen ini mudah-mudahan Kuwu bisa memaknai dan meneladani perjuangan dan perilaku dari sesepuh kita Mbah Kuwu Cirebon dalam membangun desa”, pungkas Muali menutup perbincangan.

Lalu H. Imron memberikan waktu untuk wawancara bagi awak media, kegiatan haul ini pertama untuk memperingati dan berdoa untuk orang tua dan sesepuh yang ada di kabupaten Cirebon, yakni Syekh Syarif Hidayatullah dan Mbah Kuwu Cirebon.

Lebih lanjut Bupati meminta barokah dari sesepuh untuk kami, “baik saya sebagai Bupati dan para Kuwu yang sedang menjabat supaya bisa memimpin dan Melaksanakan tugas dengan baik dan ada keberkahan dalam kegiatan kita.

Ketiga dapat meneladani dan mengambil keberkahan dari Syekh Syarif Hidayatul,” pungkas Imron. (Piryanto)

 73 total views,  1 views today