Desa Cibeuteung Muara Jadi Uji Terap Model Pendampingan Masyarakat Oleh BPSDM Kemendes PDTT

CISEENG,Lensaexpose.com – Desa Cibeuteung Muara Kecamatan Ciseeng dipilih menjadi lokasi uji terao model pendampingan masyarakat yang dilakukan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kemendes PDTT.

Giat ini merupakan tahapan awal dari berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh BPSDM Kemendes PDTT melalui Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Jakarta.

“Ini kegiatan awal, berupa identifikasi potensi dan masalah yang ada di desa. Nanti akan ada kegiatan lanjutannya,” ungkap Yuda Adi Pradana, salah seorang petugas Balai Besar PPMDTT Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Foto: Kegiatan identifikasi potensi dan masalah di Desa Cibeteung Muara Kec. Ciseeng dalam rangka uji terap model pemdampingan dan pemberdayaan masyarakat desa oleh BPSDM Kemendes.

Sementara Fadil, petugas pendamping desa mengatakan, dalam giat pertama ini, dilakukan peninjauan ke sejumlah lokasi kegiatan masyarakat seperti di bidang kesehatan, pertanian dan lainnya.

“Hasil dari kegiatan ini akan menjadi satu acuan bagi Pemdes dalam menentukan arah dari kebijakan pembangunan dan penggunaan anggaran desa. Sehingga nantinya dapat lebih terarah dan tepat sasaran,” jelas Fadil.

Sementara Asep Suhendar Kepala Desa Cibeteung Muara mengaku berterima kasih atas adanya kegiatan tersebut. Ia berharap, dari kegiatan ini akan ada lebih banyak peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat desa dalam peran untuk pembangunan desa.

“Pendampingan dan bimbingan teknis dari pemerintah sangat penting, karena sangat dibutuhkan masyarakat desa terutama di bidang pertanian, perikanan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya. Karena di Desa Cibeteung Muara ini ada Bumdes, Kelompok Tani dan lainnya,” jelas Asep Suhendar. (Rdy)

 64 total views,  2 views today