KKBK Kabupaten Bogor Kembangkan Nilai Budaya dan Wirausaha Bumi Tegar Beriman

Cigudeg,Lensaexpose.com – Kesatuan Keluarga Besar Kasepuhan (KKBK) Jawa Barat – Banten menggelar rangkaian kegiatan mengembangkan nilai Budaya dan sejarah pada masyarakat di jaman modern.

Selain itu Rangkaian juga mengembangkan dunia Wirausaha kepada Para audiens seperti pengembangan Kopi dan ciri khas bumi tegar beriman khususnya.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor pada Senin (08/08/2022) yang dihadiri oleh para ketua kasepuhan di 40 kecamatan yang ada Kabupaten Bogor.

Dalam acara tersebut, Ketua KKBK kabupaten Bogor Ismail Abraham mengatakan akan mengembangkan tradisional kopi ciri khas kopi yang tercipta dari KKBK yang struktural.

“kita akan mengembangkan struktural terlebih dahulu karena kala mengembangkan secara viwers bisnis kita sudah berjalan, tapi kita ingin mengembangkan secara struktural KKBK ini bisa juga mengembangkan tradisional kopi, jadi bogor ini Buitenzorg kopi pada jaman belanda,” katanya

Ismail juga menyampaikan bahwa bukan hanya kultural wirausaha saja yang akan dikembangkan, akan tetapi lebih menggali potensi sejarah dan budaya yang ada di kabupaten bogor nantinya.

“Kita menggali potensi disetiap kecamatan, apa budaya yang paling menonjol disana sehingga tercipta kebudayaan itu saling berkaitan dan menjadikan satu persaudaraan antara anggota KKBK dengan masyarakat,” ujarnya kepada Wartawan.

Pria yang sekaligus Kepala Desa Mekarjaya inipun menegaskan Secara kasepuhan KKBK lebih pada tradisional akan tetapi tidak meninggalkan jaman yang sudah berjalan saat ini.

“KKBK itu tetap berbasiskan tradisional kultur tetapi mengikuti jaman yang ada, karena jaman harus diikuti bukan jaman yang berubah, sesuai dengan skejul awal yang memajukan dan menggali potensi tradisional yang telah hilang ataupun yang masih ada tapi tidak berkembang,” ucap Ismail Abraham ketua KKBK Kabupaten Bogor.

Dengan perkembangan itu, kata Ismail, bisa di modifikasi antara hal yang modern dan tradisional sehingga ada kolaborasi jaman yang semakin digemari anak muda jangan ditinggalkan, kita jangan lupakan sejarah, adanya kesenian yang tegar nya sekarang tentunya melalui kesenian terdahulu, tidak boleh ditinggalkan,” imbuhnya.

Sementara Sekertaris II KKBK kabupaten bogor Cecep Sunarja mengatakan, Musyawarah tersebut bukan hanya membahas pengembangan Sejarah di era modern ataupun segi usaha saja, akan tetapi sekaligus membahas acara yang akan datang di wilayah Cikidang Sukabumi yang akan hadir para petinggi negara.

“Musyawarah ini sekaligus dalam rangka untuk tepang tahun KKBK di Pendopo Cikidang Sukabumi. Kebetulan kita juga merayakan ulang tahun Desa Cicareuh sukabumi yang ke 77, kita KKBK kabupaten bogor yang dipimpin Jaro Ismail Abraham diminta membantu semudalam perayaan tepung tahun di sukabumi yang insya Allah dihadiri beberapa petinggi Negara diantaranya Panglima TNI dan Kapolri serta beberapa jendral juga para menteri,” ujar Cecep Sunarja.

Lanjutannya mengatakan, dalam pembahasan Rapat tersebut akan membawa beberapa Kebudayaan yang ada di Kabupaten Bogor dan berharap bisa menjaga dan maju.

“Mudah-mudahan anggota itu supaya konsekuens tepat waktunya kita akan bahu membahu dalam memberikan sumbangsih baik tenaga, pikiran dan seni budaya Sunda yang akan digiring kan kesana seperti Angklung Gubrak sama Singa Depa.

Mudah-mudahan bisa maju pesat karena kita tidak mengandalkan kepada individu, tapi akan membuat badan usaha yang dilaksanakan oleh KKBK Kabupaten Bogor,” tutup Cecep Sunarja. (Rdy/Ham)

 378 total views,  1 views today