Pangdam lll Siliwangi Pimpin Langsung Secara Virtual Penanaman Bibit Jagung Serentak di Wilayah Kodim 0611/Garut

GARUT, Lensaexpose.com – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi masyarakat Kodam lll/Siliwangi menggelar kegiatan Penanaman Bibit Jagung serentak di Wilayah Kodim 0611/Garut yang berlokasi di Kampung Salagedang Desa Cibatu Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Rabu(03/8/2022).

Program Penanaman Bibit Jagung serentak di Wilayah Kodam III/Siliwangi yang terpusat di Dodiklatpur Serang Banten dengan tema “Benahi Lahan dan Tanami Sesuai Kondisi Masyarakat dan Kebutuhan Negara” Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Masyarakat.

Kegiatan Program Penanaman Bibit Jagung di pimpin langsung oleh Pangdam lll Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP secara virtual.

Kepala Staf Korem 062/TN Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, S.Sos didampingi oleh Dandim 0611/Garut, Letkol CZI Dhanisworo, S.Sos selaku penanggung jawab kegiatan Penanaman Bibit Jagung serentak di Wilayah Kodam lll/Siliwangi.

 

Turut hadir acara tersebut Bupati Garut diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Cibatu (Tin Latina Safrinawati, M.S.Sos,MSi), Dandim 0611/Garut (Letkol CZI Dhanisworo, S.Sos), Kapolres Garut(AKBP Wirdhanto Hadicaksono, SIK, MSi),

Kemudian Kepala Dinas BPMPD Kab.Garut (H.Wawan Nurdin,S.Sos, MSi), Kejari Garut diwakili Kasi Barang Bukti dan Penyitaan(Dadan Ahmad Sobari, SH, MH), para Pasi dan Danramil Jajaran Kodim 0611/Garut, Kapolsek Cibatu (IPTU Asep Saepudin, SH), Ketua Apdesi Cibatu(Ade Roni) dan tamu undangan lainnya.

Dandim 0611/Garut, Letkol CZI Dhanisworo, S.Sos mengungkapkan, Penanaman jagung serentak di desa Cibatu, rencana Kodam lll/Siliwangi akan melaksanakan penanaman jagung serentak oleh Pangdam lll/ Siliwangi yang dipusatkan di Puslatpur Serang Banten kemudian tersebar di wilayah jajaran Kodam lll/Siliwangi salah satunya Kodim 0611/Garut yang dilaksanakan di desa Cibatu Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut.

“Rencana penanaman jagung seluas 10 Hektar tetapi hari ini kita rencanakan tanam bersama seluas 2 Hektar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Program penanaman jagung ini merupakan program dari bapak Kasad diturunkan ke Kotama/Kodam masing-masing, kemudian ke Komando wilayahan masing-masing dan bekerjasama ataupun berkolaborasi dengan unsur-unsur terkait.

“Kemudian rencana kedepan Mangkubumi dijadikan Desa Agro Wisata di bidang pertanian, peternakan dan dijadikan lahan pembibitan serta pertanian di desa Cibatu Garut,” jelas Dandim 0611/Garut.

Seusai sambutan Dandim 0611 Garut dilanjutkan Vikon dipimpin langsung oleh Kementerian Pertanian RI (Syahrul Yasin Limpo) didampingi Pangdam lll/Siliwangi (Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, SIP).

Dalam arahannya menyampaikan, kendala/kebutuhan apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan penanaman jagung di wilayah desa Cibatu silahkan apa saja yang dibutuhkan buat surat permohonan pengajuan kebutuhan dalam program ini.

Sementara itu, Kepala Staf Korem 062/Tarumanagara, Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, SIP menuturkan, bahwa kegiatan penanaman jagung yang dilaksanakan di Kampung Salagedang Mangkubumi Desa Cibatu Kec.Cibatu Kab.Garut seluas 10 Hektar disambut baik dan antusias oleh masyarakat.

“Kegiatan siang hari ini kita bersama-sama masyarakat melakukan penanaman jagung dan Alhamdulillah disambut warga dengan sangat antusias sekali datang ke lokasi ini dalam rangka penanaman jagung, tentunya sekali lagi dukungan bapak kepada kami yang berada dilapangan sangat-sangat membatu,” tutur Letkol Inf Ageng Wahyu Romadhon, SIP.

Sedangkan, Koordinator Penyuluhan Kecamatan Cibatu, Ade Oleh mengatakan, Ia menyampaikan yang diperlukan disini kendala keterbatasan tenaga kerja dan alat mekanisme mesin darat untuk pengolahan darat (Traktor).

“Untuk pengolahan hasil nanti pemitilan jagung karena belum ada di daerah sini masih menggunakan manual, kemudian Mesin Pompa untuk penarikan air dari sungai Cimanuk untuk ke Embung (Tampungan Air) dengan jaraknya antara Cimanuk ke perkebunan TNI ini kurang lebih 2000 meter,” katanya.** (Suwito)

 143 total views,  5 views today