Sabtu, Mei 4, 2024
Pemerintahan

Pemdes Kutamaneuh Realisasikan Dana Desa Untuk Pembangunan Drainase

Karawang, Lensa Expose.com

Pembangunan drainase yang berlokasi di wilayah dusun 2 Rt 03 RW 04 desa Kutamaneuh Kecamatan Tegal Waru Kabupaten Karawang dengan Volume Panjang 454 Lebar 0,3m Tinggi 0,40m dengan Nominal Anggaran sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah) yang bersumber dari Dana Desa tahun 2022 tahap II. Pembangunan drainase dikerjakan secara swakelola oleh TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) desa Kutamaneuh yang diketuai oleh Kepala Dusun 02.

“Tujuan dibangunnya drainase ini untuk memperlancar dan mengefektifkan saluran air agar pada saat hujan saluran air tidak tersumbat dan menyebabkan banjir. Selain itu juga untuk memperindah tata kelola lingkungan desa utamanya wilayah dusun 02 sehingga menjadi lebih tertata, bersih dan tidak kumuh,”jelasn Kepala desa Kutamaneuh kepada media ini.

Kepala desa Kutamaneuh, Adang Esan, menghimbau kepada warga desa yang memiliki rumah di sekitar drainase yang akan dibangun tersebut untuk secara swadaya menebang pohon – pohon yang ada di dekat drainase. Hal tersebut untuk mempermudah pekerja saat mengerjakan pembangunan drainase, ujarnya.

Dengan bertambahnya pembangunan infrastruktur desa yaitu salah satunya drainase tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu faktor untuk mengoptimalkan perekonomian warga khususnya di bidang Pertanian karena hampir 60% warga desa Kutamaneuh berprofesi sebagai petani dan mereka sangat senang dengan dibangunnya drainase oleh pemerintah Desa. Hal ini disampaikan salah satu petani bernama Ayeng kepada media ini. (Irgi Y)

Loading