Sabtu, Mei 25, 2024
DaerahPemerintahan

H.Oban Sobarna Terpilih Jadi Ketua APDESI Kabupaten Garut Periode 2022-2027

GARUT, Lensaexpose.com – Dua Kepala Desa (Kades) berebut posisi Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Garut melalui Muscab IV yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Rabu (20/7/2022).

Hasilnya H.Oban Sobarna (Kades Sukalaksana Kec.Samarang) terpilih sebagai Ketua DPC APDESI Kabupaten Garut untuk periode 2022-2027.

Terpilihnya H. Oban Sobarna sebagai Ketua DPC APDESI Kabupaten Garut ini merupakan hasil pemungutan suara langsung oleh seluruh kepala desa di Kabupaten Garut dengan jumlah hak pemilih 385 suara (Kades), H.Oban Sobarna unggul meraih 218 suara, Sementara Asep Sopian mendapatkan 161 suara dan jumlah tidak sah 6 suara.

H.Oban Sobana ketika ditemui usai acara pemilihan mengungkapkan, Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Muscab yang sudah percaya memilihnya sebagai Ketua APDESI setelah ini akan menyusun struktur kepengurusan, kemudian akan mengadakan program berbagi ilmu atau program yang sudah dicapai oleh dirinya selama ini.

“Kita akan menularkan melalui APDESI, desa-desa yang ada di Kabupaten Garut sama-sama harus maju,” ungkapnya.

Lanjut Oban, Ia memaparkan, langkah-langkah yang akan dilakukan supaya bisa memajukan desa-desa yang ada di Kabupaten Garut dengan menggali potensi yang ada di desa.

“Kita akan menggali potensi dari masing-masing desa. Kita akan berbagi. Bahkan, gini kan kadang-kadang berpikir tentang Desa Wisata, itu kan mereka harus berpikir yang Wah,” paparnya.

Namun demikian, sambung Oban, Ia menjelaskan, Desa Wisata ini berangkat dari sesuatu yang dekat dulu, Seperti contohnya, menemukan potensi-potensi apa yang ada di desa tersebut.

“Bahkan, ada salah satu mungkin dari pengunjung dari Jerman, datang ke desa itu hanya ingin tahu bagaimana cara pemilihan kepala desa, Itu bisa disajikan, Selain itu juga kita akan mengembangkan potensi desa wisata ini sesuai dengan SK Bupati Garut, bahwa harus ada 30 desa yang menjadi desa wisata,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh Kades dapat bersama-sama membesarkan organisasi dan memajukan daerah, pungkas Ketua APDESI terpilih. (Suwito)

Loading