Sabtu, April 27, 2024
DaerahPemerintahanTNI/POLRI

Harkatpuan Personel, Sat Samapta Polres Belitung Timur Rutin Latihan Dalmas

Beltim | Lensaexpose.com

Personil Sat Samapta Polres Belitung Timur melaksanakan latihan pengendalian massa (Dalmas) dan Bela Diri Polri di Barak Dalmas Polres Belitung Timur, Selasa (19/07/2022).

Latihan Dalmas tersebut langsung dipimpin Kasat Samapta Polres Belitung Timur Iptu Bambang Suwarno Yuwono dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai.

Kasat Samapta Polres Belitung Timur mengatakan, latihan Dalmas ini sebetulnya hanya mengulang saja karena setiap anggota Polri pasti pernah belajar tentang formasi atau gerakan Dalmas. Namun jika hal yang sudah pernah dipelajari tidak di ulang lagi, kemungkinan besar hanya sedikit yang kita ingat atau bisa juga sampai lupa.

“Hal ini juga terkait dengan persiapan diri kita selaku pihak keamanan yang harus menjamin wilayah Kab. Beltim ini tetap kondusif. Kita tidak bisa menganggap segala sesuatu itu aman dan landai-landai saja jika kita berfikir tentang keamanan, setiap saat pun keamanan dari situasi yang aman bisa berubah menjadi tidak aman. Latihan Dalmas ini bertujuan juga untuk mengukur kemampuan dan kesiapan kita dalam mengamankan wilayah hukum Polres Belitung Timur,” ungkap Iptu Bambang.

Selain latihan dalmas dan bela diri polri kita juga melaksanakan kemampuan pengunaan Borgol Polri dan Tongkat Polri. Latihan ini akan terus kita laksanakan kedepannya dan kita akan coba lakukan simulasi nanti dari setiap formasi yang ada, termasuk negosiator yang mana dikedepankan Polisi Wanita, bagaimana bisa untuk bernegosiasi dengan massa yang bergerak, jika yang bertugas sebagai negosiator tidak tau apa yang akan disampaikan bahkan tidak mempunyai kemampuan dalam hal percakapan,” Tutup Iptu Bambang. (Tomy)

Loading