Selasa, April 16, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Kembangkan Dakwah Dan Syiar Islam, Rumah Santri Deklarasikan Balad RS

TENJOLAYA – Komunitas masyarakat yang tergabung dalam Keluarga Besar Rumah Santri (KBRS) menggelar acara halal bilhalal sekaligus pembukaan giat pengajian rutin ke 66 komunitas tersebut setelah libur selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Agenda rutin tahunan halal bilhalal akbar KBRS tersebut digelar di Masjid Jami Al Istiqomah, Kampung Tapos Kaum RT 2 RW 4 Desa Tapos II (dua) Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, (14/5/2022) dengan mengusung tema “Merawat Persatuan dan Menebar Syiar”.

“Acara halal bilhalal akbar KBRS tahun ini menjadi satu agenda sakral dan penting sekaligus sebagai sebuah momentum untuk mempersatukan semua kalangan dengan semangat persatuan,” ungkap Ustad Dede Luthfi Afifi, Ketua Rumah Santri, Jum’at (15/5/2022).

Ia menjelaskan, visi besar Rumah Santri adalah menjadi rumah besar dan milik bersama semua santri. Hanya dengan kebersamaan, lanjut Ustad Dede, maka akan ada kekuatan sesuai dengan motto “Bersama Kita Bisa dan Bersatu Kita Kuat”.

Ustad Dede memaparkan, Rumah Santri didirikan dengan landasan moral serta semangat mengedepankan sejarah juang para pahlawan sekaligus juga para ulama Bogor seperti sosok KH. Soleh Iskandar dan KH. Choer Affandi serta lainnya.

“Selain pejuang mereka juga adalah para ulama yang ikhlas dalam dakwahnya. Apa yang kita lakukan hari ini adalah dalam rangka melanjutkan perjuangan para pendahulu yang berjuang dalam dakwah,” papar Ustad Dede.

Dalam agenda halal bilhalal tahun 1443 Hijriyah ini, KBRS juga mendeklarasikan bendirinya wadah baru bernama Barisan Laskar Dakwah Rumah Santri (Balad RS). Sekretaris Rumah Santri, Ruhiyat Sujana mengungkapkan, wadah ini nantinya akan merekrut kalangan muda baik santri – santri muda, remaja – remaja masjid dan komunitas – komunitas lainnya bahkan termasuk anak – anak jalanan.

“Wadah ini dibentuk dan didirikan dalam rangka mengisi ruang kosong yang tidak tersentuh oleh Rumah Santri dan sebagai langkah untuk meneruskan perjuangan syiar serta dakwah sekaligus agar bisa memperkuat visi dan misi besar Rumah Santri,” tukas santri yang menjadi salah satu anggota DPRD Kabupaten Bogor ini. (Rdy)

Loading