Sabtu, April 20, 2024
Jawa TengahKesehatanPemerintahan

Antisipasi Jelang Mudik, Penyaluran Bansos di Rancabungur Dibarengi Vaksin Booster

RANCABUNGUR – Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) BPNT dan BLT subsidi minyak goreng periode tahap pertama 2022 di Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor dibarengi dengan giat Vaksinasi Covid-19 bagi para peserta keluarga penerima manfaat (KPM) baik vaksin tahap pertama, kedua maupun Booster.

Terlihat dilokasi penyaluran bansos dan Vaksinasi yang ada di Desa Rancabungur, para KPM setelah melakukan vaksinasi tahap pertama, kedua maupun Booster langsung menerima bantuan tersebut senilai 500 ribu rupiah per KPM dari bantuan BLT subsidi minyak goreng dan BPNT secara tunai untuk periode pertama tahun 2022 yang disalurkan langsung oleh Kantor POS.

Kasipenkes Kec. Rancabungur, M. Suryana mengatakan, giat pelaksanaan Vaksinasi dan penyaluran bansos tersebut serentak dilakukan di tujuh desa yang ada di wilayah kec. Rancabungur.

Giat itupun pihaknya berkolaborasi dengan Pemdes setempat, Puskesmas Rancabungur dan Bantarjaya, PKM, dan juga petugas BPNT sehingga terbentuk suatu kegiatan yaitu Vaksinasi secara keseluruhan yang salah satunya adalah melayani kebutuhan masyarakat yang akan pulang mudik lebaran.

Selain itu, kata Suryana, gerai vaksin juga dilakukan oleh Polsek Rancabungur yang dilakukan di beberapa desa, diantara desa Bantarsari dan Cimulang.

“Karena sampai saat ini kita masih melakukan upaya percepatan vaksinasi tahap pertama, kedua maupun booster, meski Pandemi ini sudah mulai melandai. Jadi untuk para KPM bagi yang ingin mudik lebaran maupun bepergian mereka harus sudah melakukan vaksinasi,” ucap Suryana saat melakukan monitoring Vaksinasi di Desa Rancabungur, Rabu (20/04/2022).

Dirinya juga berharap dengan dilakukannya Vaksinasi tersebut untuk menumbuhkan kekebalan tubuh atau heard immunity juga mengantisipasi bagi warga yang ingin pergi mudik lebaran.

“Dan tentunya bagi yang tidak mudik pun ini jadi suatu kebutuhan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas luar. Kita khawatir nanti takutnya ada gelombang berikutnya, jadi masyarakat sudah siap mempunyai anti body,” tukasnya.

Sebagai informasi, dari ketujuh desa yang menyalurkan bansos tersebut yakni, Desa Rancabungur 852 KPM, Pasirgaok 683 KPM, Mekarsari 754 KPM, Cimulang 767 KPM, Candali 808 KPM, Bantarsari 746 dan Bantarjaya sebanyak 1172 KPM. (Rdy)

Loading