Kamis, Maret 28, 2024
Daerah

Gelar Patroli Laut, Sat Polairud Himbau Nelayan Utamakan Keselamatan Berlayar

ASAHAN | Lensaexpose.com

Personel Sat Polairud Polres Asahan melaksanakan kegiatan patroli laut diperairan Bagan Asahan dan Sosialisasi kepada para nelayan tentang keselamatan saat melaut, Jum’at 18 Februari 2022 pukul 20.00 wib s/d Sabtu 19 Februari 2022 pukul 06.00 wib.

PS. Kasat Polairud Polres Asahan Iptu Firdaus Panjaitan SI.Kom menyampaikan patroli perairan dimulai pada pukul 23.00 wib yang dilaksanakan personel Aipda Wahyudi dan Bripka Dedi Alhidayat menggunakan Kapal Patroli KP II – 1027 dalam rangka memantau secara langsung situasi perairan wilayah hukum Polres Asahan dengan lego jangkar di koordinat

N :. 3° 00′ 54.4176″

E : 99° 51′ 53.2368″.

“Pada kegiatan patroli itu, personel melakukan Polmas Perairan dengan Public Speaking, berupa keselamatan berlayar agar terlebih dahulu melakukan pemeriksaan mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung, Ring boy, APAR dan Kotak P3K,” kata Iptu Firdaus Panjaitan SI. Kom.

Kemudian dalam Public Speaking itu, personel turut menyampaikan kepada masyarakat agar menjadi mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi jika mengetahui ada pelanggaran atau kejahatan seperti Ilegal fishing, TKI Ilegal serta barang barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba.

“Pada 01.55 wib hari Sabtu tanggal 19 Februari 2022, personel melakukan pengejaran terhadap satu unit kapal yang datang dari Laut tujuan Tanjung Balai, diposisi / koordinat N = 3° 01′ 19.5852″

E = 99° 51′ 41.364″. Dimana Kapal tersebut tanpa nama dan tanda selar GT.- No.- dinakhodai seorang pria bernama Sapri dengan membawa 3 orang Abk. Untuk kelengkapan tidak lengkap dan sudah diberi peringatan serta arahan untuk selalu waspada, menjaga keselamatan berlayar saat berkerja di laut,” ucapnya.

Iptu Firdaus mengatakan kegiatan patroli perairan tetap dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai arahan dari Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH untuk meningkatkan pemantauan situasi kamtibmas perairan, serta memetakan kawasan yang rawan akan gangguan kamtibmas guna mengantisipasi aksi-aksi pelayaran ilegal keluar masuk diperairan Asahan.

“Kegiatan patroli perairan tersebut salah satu upaya untuk penyekatan dan pemeriksaan penduduk pendatang, serta menjaga situasi kondusif perairan Wilayah hukum Polres Asahan,” pungkasnya. (Miko)

Loading