Senin, April 29, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Gunakan Samisade Tahap II, Pemdes Sukagalih Genjot Pembangunan Jaling

Kab. Bogor, Lensaexpose.com

Pembangunan Infrastruktur di wilayah Desa sukagalih terus berjalan. Pembangunan selain dilakukan langsung Pemerintah Desa Sukagalih, juga dilakukan di tingkat desa, khususnya pembangunan jalan lingkungan desa.

Pembangunan salah satunya seperti yang dilakukan di Desa Sukagalih, Kecamatan Jonggol, kabupaten Bogor. Jalan usaha tani yang berada di Kampung garung RT 05/RW/06 sampai / Rw /03/ Volume panjang (1050) meter, lebar 2,5 Meter tinggi 0,15. cm yang sebelumnya kondisi jalan sangat rusak, sekarang dibangun dengan memanfaatkan bantuan (SAMISADE) satu miliar satu desa, pembangunan ruas Jalan ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses perekonomian dan petani warga masyarakat sekitar.

Pembangunan jalan tersebut tentunya sangat disambut gembira semua warga sekitar. Di antaranya salah satu tokoh masyarakat desa Sukagalih Wawan, dirinya menyambut baik dengan adanya pembangunan jalan Tersebut.

Menurut dia, selama ini warga harus menempuh Jarak yang cukup jauh dan memutar untuk menjual hasil panen kebun dan hasil panen padi. Dengan adanya pembangunan jalan ini, warga tak perlu memutar sehingga jarak tempuh semakin dekat dan tidak butuh waktu lama untuk menjual hasil tani kebun dan tani padi.

“Tentu saja sudah terjawab keinginan masyarakat kami sangat gembira dengan adanya pembangunan jalan Ini. Yang sedang berjalan dibangun oleh (Pemdes) pemerintah Desa Sukagalih ini, merupakan bentuk perhatian bagi para petani karena jalan ini sangat penting dan sudah lama rusak,” Ungkap dia kepada Wartawan mata lensa dislokasi pekerjaan Jalan betonisasi dikampung garung.

Pihaknya berharap, dengan dibangun nya jalan tersebut Alhamdulilah penghasilan usaha lebih meningkat drastis baik karna ada akses jalan untuk membantu perekonomian masyarakat desa semakin mudah dan bisa membawa kemajuan perekonomian desa.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sukagalih Samsudin, membenarkan selama ini akses jalan yang rusak menjadi kendala dan turut andil terhadap tingginya biaya produksi petan dan perekonomian masyarakat kami,” kata Kepala Desa Sukagalih Samsudin dikantornya. (17/1)

Pasalnya kebutuhan akses jalan ini kemudian akan di tindak lanjuti dengan pembangunan menerapkan memanfaatkan program Bantuan Provinsi (Banprov) Tahun 2021 tujuannya yakni ketersediaan infrastruktur jalan tersebut. Terutama membuka jalan usaha perekonomian masyarakat dan petani yang menjadi prioritas utama.

Dari kurang lebih 3000 Kepala keluarga yang ada di desa Sukagalih sebagian besar bergantung kehidupan nya dari sektor dagang dan tani kebun dan tani padi. Sehingga Kebutuhan akses jalan usaha dagang dan tani menjadi perioritas utama,” jelasnya.

Terkait rencana pembangunan jalan usaha dagang dan tani ini, menurut Kepala desa sukagalih Samsudin, merupakan wacana yang sudah lama namun baru saat ini rencana pembangunan ( JALING ) jalan lingkungan bisa terealisasi dan sudah terjawab keinginan Masyarakat Desa Sukagalih sudah mempunyai jalan baru berkualitas.

Pemerintah desa sukagalih beserta semua jajaran staf perangkat desa mengucapkan banyak berterimakasih kepada Bupati Bogor Ibu Hj. Ade Yasin yang sudah memberikan bantuan dana melalui program (Samisade) satu miliar Satu desa yang sudah diberikan ke desa Sukagalih kecamatan Jonggol kabupaten bogor.

“Harapan besar untuk kedepan nya terus berjalan menggulirkan program-program bantuan yang lain,” pungkasnya. (Hadri Andriansyah)

Loading