Sabtu, Juni 22, 2024
DaerahPemerintahan

Ketua DPRD Kab. Sukabumi Gelar Audensi Gerakan Penyelamatan Hutan Jampang

Sukabumi, Lensaexepose.com

Ketua DPRD Kab. Sukabumi (Yudha Sukmagara) yang di dampingi Komisi II DPRD Kab. Sukabumi gelar audensi dengan Himpunan Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup dan Hutan *(HIMAPILIHAN)* di ruang BAMUS Gedung DPRD Kab. Sukabumi. Pada kesempatan itu, turut juga hadir Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab. Sukabumi. (13/01/2022)

Audensi tersebut merupakan tindak lanjut atas surat yang dikirim HIMAPILIHAN pada tanggal 11 Januari 2022 tentang “Permohonan Audensi Gerakan Penyelamatan Hutan untuk Kesejahteraan Masyarakat Jampang”

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kab. Sukabumi (Yudha Sukmagara) berikan apresiasi atas upaya yang di tempuh oleh teman-teman HIMAPILIHAN dan mengatakan akan melakukan koordinasi dan mendorong apa yang menjadi aspirasi HIMAPILIHAN. Selain itu juga, DPRD akan menindaklanjuti dengan akan diadakannya pertemuan lanjutan dengan dinas dan instansi terkait.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua DPRD Kab. Sukabumi (Yudha Sukmagara) menyuarakan bahwa Jampang harus memiliki Bank Air yang cukup berskala Nasional, yang tentunya juga harus sejalan dengan memperhatikan hutannya terlebih dahulu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat disaat musim kemarau.

“Regulasi tentang lingkungan hidup dan kehutanan di Kabupaten Sukabumi memang masih perlu adanya perbaikan-perbaikan,” ujarnya, sehingga menghasilkan sebuah regulasi tentang lingkungan hidup dan kehutanan yang ideal juga menguntungkan berbagai pihak terutama masyarakat.

Ridwan Dermawan, selaku Ketua HIMAPILIHAN menyampaikan aspirasi yang menjadi isu strategis Kewilayahan Pajampangan yang meliputi :
1. Kerusakan hutan yang berdampak buruk terhadap tatanan kehidupan masyarakat Pajampangan;

2. Pembebasan sebagian status lahan produksi di kawasan areal hutan Hanjuang Selatan dan Barat menjadi hutan lindung sebagai penopang kesejahteraan masyarakat juga sebagai penunjang Geopark;

3. Area Hutan Hanjuang Selatan (Puncakbuluh) sebagai puncak tertinggi / top level di Pajampangan merupakan kawasan yang harus benar-benar diperhatikan dari berbagai segi. Selain itu juga, di kawasan ini terdapat pula asset Pemda Kabupaten Sukabumi berupa PDAM;

4. Penanggulangan bencana banjir dan longsor.

 

(Very Ub)

Loading