Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahan

Milangkala ke-38 Kecamatan Selaawi Gelar Festival Bamboo Selaawi

GARUT, Lensaexpose.com – Dalam rangka Milangkala Ke-38 Kecamatan Selaawi tahun 2021 yang sekaligus menggelar festival Bamboo Selaawi, acara yang di Impikan Oleh Camat Selaawi dan dinantikan warga masyarakatnya.

Acara Milangkala Selaawi tersebut berlangsung di gelar dari hari Sabtu, 18/12/2021 sampai hari Minggu,19/12/2021.

Milangkala sekaligus festival Bamboo Selaawi di hadiri langsung dari Duta besar RI (Ukraina, Georgia,Armenia) Bpk. Prof.Dr.Yuddy Crisnandi, ME.,SH ,Menteri koprasi dan UMKM (Bpk Drs.Teten Masduki), wakil bupati Garut (Helmi Budiman), Camat Selaawi ( Ridwan Efendi), Kapolres Garut dan jajarannya, Kodim Garut dan jajarannya, Kepala Desa seKec. Selaawi dan jajaran stafnya, UPT Puskesmas Selaawi, para guru sekolah di wilayah UPT Dinas pendidikan Selaawi, tokoh masyarakat Selaawi dan masyarakat Selaawi.

“Alhamdulilah hari ini hari yang sangat bahagia bagi saya dan masyarakat Selaawi, karna Milangkala tahun ini sangat meriah dari tahun sebelumnya. Kebetulan acara milangkala ini sekaligus meresmikan dan pendatanganan prasasti serta Gunting pita gedung SBCC (Selaawi Bamboo Creative Center) Dayeuh awi, selain itu kita akan membagikan bantuan modal usaha secara simbolis kepada 220 Mustahik dari BAZNAS dan kreadit usaha rakyat (KUR) bagi pelaku usaha mikro,” ujar camat Selaawi Ridwan Efendi.

Camat Selaawi menambahkan, dalam kelanjutan acara hari Minggu ini akan ada Gebyar vaksinasi, Semboyan (Senam Bari moyan), pengumuman hasil lomba dan Penutupan Selaawi bamboo festival 2021.

“Harapan saya mudah-mudahan acara milangkala kecamatan Selaawi ini lebih sangat meriah lagi dan alhamdulilah acara sekarang berjalan aman, lancar, dan selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya camat Selaawi.

Wakil bupati Garut (Helmi Budiman) menyatakan dengan rasa syukur Kabupaten Garut bisa melaksanakan sebuah kegiatan monumental yang bertajuk Selaawi Bamboo Festival 2021 dan mengangkat kekayaan satu alam yang ada di Kecamatan Selaawi yaitu berupa potensi bambu yang mendunia.

“Jadi bambu ini menjadi maskot Kabupaten Garut bahkan maskot Provinsi Jawa Barat, karena Jawa Barat itu terbiasa dengan bangunan-bangunan dari bahan bambu dan berterimakasih kepada Menkop UKM RI, (Teten Masduki) yang telah mengusulkan kepada Presiden RI, (Joko Widodo) untuk menjadikan bambu sebagai komoditas utama, serta menunjuk Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut sebagai percontohan pembimbitan bambu di Indonesia.

“Saya apresiasi atas dukungan semuanya kegiatan ini bisa berlangsung dengan sangat meriah, bangunan selesai, bangunannya sangat indah, sangat layak dan bisa dipakai untuk kegiatan festival,” kata Helmi budiman.

Sementara Teten Masduki (Menkop UKM RI), pihaknya akan terus mendorong kecamatan Selaawi dari Kabupaten Garut menuju kota bambu, kerajinan bambu dari Selaawi potensial terus di kembangkan menjadi komoditas ekspor andalan Jawa barat.

Menurutnya, bahan baku bambu sangat tersedia melimpah di daerah ini dan jumlah perajin bambu banyak produk olahan bambu juga bervariasi beberapa jenis produk sudah rutin di ekspor ke luar negri ke singapura.

“Ekosisme yang sudah terbentuk merupakan modal besar untuk meningkatkan kapasitas produksi, saya mendorong penguatan Koperasi petani dan perajin bambu agar menjadi aggregator dan offtaker dengan berhimpun dalam koprasi kapasitas produk yang di tawarkan ke pasar menjadi besar sehingga daya tawar lebih kuat dan harga setabil.

Mereka juga jadi fokus menjaga kualitas produk karna dapat jaminan pembiayaan hingga pasar, dan saya akan mengajak berbagai kementrian terkait untuk bersama-sama mendukung pengembangan sentra kerajinan bambu selaawi untuk meningkatkan kontribusi ekspor UMKM,” jelasnya. (Rais/ Dede oren)

Loading