Jumat, April 26, 2024
Daerah

Aktivitas Tambang Biji Timah Rajuk Di Alur Sungai Pering, Dihentikan Masyarakat Nelayan Dan Aparat Setempat

Belitung Timur | Lensaexpose.com

Adanya aktivitas tambang biji timah di Sungai Pering Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, semakin merajalela dan membuat masyarakat dan nelayan merasa resah.

Meski saat ini harga biji timah melonjak harga nya, tetapi tak seharusnya aliran sungai serta bakau ludes akibat tambang TI Rajuk.

Pemerintah desa AIK Kelik dan pemerintah desa Mayang, di dampingi Kamtibmas dan sejumlah nelayan ikut turun terjun ke lapangan menyaksikan aktivitas tersebut.

Awak media mencoba konfirmasi kepada salah satu warga yang ikut menyaksikan dalam hal pemberhentian aktivitas tambang biji timah tersebut menyampaikan, memang sudah hampir satu bulan ada aktivitas tambang timah di alur sungai itu.

“Kami bukan tidak mengetahui kalau di situ banyak timah, kami tau. Tapi berhubung itu aliran sungai, kami tidak mau, karena mengganggu aliran sungai, apalagi merusak bakau. Walau pun saya penambang biji timah juga dulunya,” ungkap warga.

Dan Kadus AIK Kelik Sahar pun mengatakan memang benar adanya aktivitas tambang di aliran sungai sampai tepi bakau,” kepada awak media.

Ya harapan kami selaku masyarakat nelayan dan seperangkat desa baik AIK kelik maupun Mayang, menghimbau supaya tidak ada lagi aktivitas di alur sungai ini lagi. Dan menghimbau supaya membongkar smua alat –alat yang untuk mencari biji timah beserta mesin – mesin nya,” ujar Pemdes. (BENNI)

Loading