Jumat, April 19, 2024
DaerahSosial & Budaya

Gunung Semeru Erupsi, Relawan KSJ Pusat dan Jatim Galang Bantuan Pangan

SUMUT | Lensaexpose.com

Kabar erupsi Gunung Semeru yang kembali terjadi pada, Senin, 6 Desember 2021 pukul 07.53 WIB. dan kali ini merenggut ratusan nyawa saudara – saudara kita.

Informasi yang dilansir melalui gambar serta video kiriman Saudara Zulkhair koordinator relawan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Jawa Timur ke group wasthaap KSJ Pusat Amal Sosial, Erupsi Gunung Semeru disertai letusan dengan muntahan lahar serta abu panas.

Saharuddin Ketua Umum KSJ Pusat setelah melakukan koordinasi dengan AKBP H Ikhwan Lubis SH MH Pendiri dan Pembina Utama memutuskan untuk menggalang donasi guna membantu korban terdampak erupsi gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

“KSJ akan menggalang donasi dari internal dan simpatisan untuk membantu kebutuhan pangan, obat – obatan untuk korban erupsi tersebut. Pengumpulan donasi itu dimulai sejak 06 Desember 2021 sampai 20 Desember 2021 diikuti dengan pembukaan posko relawan KSJ disekitar wilayah terdampak erupsi,” ujar Saharuddin.

Zulkhair Relawan KSJ Jawa Timur menerangkan “Gunung Semeru memiliki ketinggian 3676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal hingga meliputi dua kecamatan yaitu Pronojiwo (Desa Supiturang Sumber Urip dan oro oro ombo ) dan kecamatan Candipura (Desa Sumber Wuluh, Sumbermujur, Penanggal, Candipuro dan Sumber rejo) kesemuanya terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

“Titik Pengungsian saat ini terdapat dibalai desa Penanggal, rumah warga yang aman, Masjid Jamik dan Balai Desa Sumber Wuluh, selengkapnya sampai saat ini masih dalam pendataan dan evakuasi,” ujar Zulkhair.

Kebutuhan masyarakat yang terdampak erupsi dan sangat mendesak adalah Air Bersih atau Mineral, Masker, Mie Instan, Terpal atau tikar, Beras, Pakaian layak atau Sarung, Pembalut Wanita, obat obatan dan bahan pangan siap saji,” kata Zulkhair lagi.

KSJ akan membagi tiga tahap tekhnis kegiatan diantaranya Pengumpulan data dan kebutuham warga saat dan pasca bencana, serta penyaluran bantuan dari donasi yang terkumpul.

Donasi KSJ dapat disalurkan melalui Rekening Bank Sayariah Indonesia (BSI) nomor 777 1616 555 kode bank 451 atas nama Kantor Pusat KSJ atau ke rekening Bank Mandiri nomor 106 000 808 7887 atas nama Komunitas Sedekah Jumat. (Miko franata)

 

Sumber : Tim Media KSJ

Loading