Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahan

Bupati Rudy Gunawan Lantik Ketua Baznas Kabupaten Garut Periode 2021-2026

GARUT | Lensa Expose.com

Bupati Garut, Rudy Gunawan, melantik dan mengambil sumpah Ketua dan 4 Komisioner Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut periode 2021 – 2026, Selasa (16/11/2021).

Pelantikan tersebut bertempat di Ruang Pamengkang, Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa-Barat.

Usai dilantik, dilakukan penandatanganan naskah berita acara pelantikan.

Turut hadir menyaksikan prosesi pelantikan, Wakil Bupati Garut, Kapolres Garut, Dandim 0611 Garut, Kajari Garut, Ketua Pengadilan Negeri Garut, Asda 1, Asda 2, Ketua MUI Garut, Kepala Kemenag Garut, dan para Kepala SKPD Kab.Garut.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengungkapkan, dirinya berharap pengurus Baznas yang baru bisa lebih solid dan lebih baik lagi, serta terus berupaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Baznas Garut.

“Kami harapkan lebih solid lebih baik, lebih meyakinkan masyarakat dan lebih percaya kepada Baznas,” ujar Bupati Garut saat diwawancarai oleh awak media seusai acara.

Kendati demikian, lanjut Rudy selain BAZNAS ada lembaga zakat lain yang memiliki wewenang untuk mengelola, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat, yakni Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang perlu perlindungan yang sama sesuai Undang-Undang 23 Tahun 2011 tentang Zakat.

“Karena di undang-undang itu kan bukan Baznas saja, ada LAZ, siapapun kita dilindungi nanti juga Pak Wakil juga sudah memberikan arahan supaya LAZ-LAZ itu dibina oleh pemerintah daerah karena perintah Undang-Undang 23 Tahun 2011 tentang zakat, ya, itu ada itu,” katanya.

Ia juga berharap di Tahun 2023 baik itu Baznas ataupun Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki kantor yang layak, sebagai media untuk berdakwah.

“ Ya..nanti kita lihat karena itu di pemerintah daerah. Kita ‘kan kemarin harusnya ada, tapi kemampuan keuangan daerah kemarin ada refocusing kemarin ‘kan ya..,

Nanti kita lihat kedepannya, ya, kita di 2023 bagaimana saya inginnya MUI dan Baznas punya kantor yang layak, ya, untuk dakwah,” harap Bupati.

Sementara itu, Ketua Baznas Garut yang baru, Abdullah Efendi, SPdi, ME menuturkan dirinya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada ketua Baznas periode sebelumnya, yang telah merintis sampai membangun Baznas hingga seperti saat ini.

Ia mengungkapkan, ke depannya pihaknya siap bekerja sama dengan semua stakeholder dalam rangka mengembangkan zakat yang ada di Kabupaten Garut.

“Apa yang kurang akan kami perbaiki, dan yang diperbaiki akan kami lanjutkan dan kami siap bekerja sama dengan semua para stakeholder dalam mengembangkan zakat,

Sesuai dengan pengelolaan zakat yaitu memanfaatkan dari zakat untuk kemaslahatan umat dan membantu pemerintah dalam mensejahterakan rakyat,” ungkap Abdullah Effendi.

Pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa strategi yang akan diterapkan di Baznas Garut, salah satunya yaitu pengembangan fundraising (penggalangan dana)

“Yang pertama mungkin kita koordinasi, silaturahmi dan mengembangkan ada fundraising baik itu dalam kondisi konvensional atau digital,” paparnya.

Dalam hal pendiskripsian pendayagunaan bagaimana BAZNAS membantu pemerintah daerah, minimal satu persen membantu rakyat miskin yang telah digariskan oleh pemerintah.

“Nanti kita kerjasama dengan para SKPD, karena kami bukan teknis, dan dari zakat ini bisa kita kembangkan baik itu dalam hal membantu produktivitas, karena waktu kemarin kita di wawancara bagaimana dana zakat itu bisa didayagunakan,” pungkas Ketua Baznas Garut. (Suwito)

Berikut Susunan Pengurus BAZNAS Kabupaten Garut Masa Kerja 2021-2026;

1.Ketua Abdullah Efendi, SPdi, ME
2.Wakil Ketua I (Bidang Pengumpulan), Cecep Rukma, S.Sos, MSi
3.Wakil Ketua ll (Bidang Pendistribusian Pendayagunaan), Hendi Muhyidin, SPdi
4.Wakil Ketua lll (Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan), DR Dian Roslan Hidayat
5.Wakil Ketua lV (Bidang SDM Kesekretariatan dan Umum), Ceng Irfan Noval, M.Ag.

Loading