Jumat, April 26, 2024
DaerahPemerintahan

Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan Jadi Tema kunker Ketua Tim PKK Lampung di Kabupaten Mesuji

Mesuji | Lensa Expose.com

Riana Sari Arinal lakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Mesuji dengan mengusung tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”, Pada Kamis (30/09/21) di Gedung GSG Taman Kehati Kabupaten Mesuji.

Dalam kunjungan kerjanya di sambut oleh Bupati Mesuji Saply TH berserta istri, Wakil Bupati Mesuji Haryati Candralela, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji, Ketua darmawanita Persatuan Kabupaten Mesuji, Staf Ahli dan Kepala OPD, Sekertaris Daerah Mesuji Syamsudin S.Sos beserta istri Serta undangan

Bupati Mesuji SaplyTH atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji dan masyarakat Kabupaten Mesuji Sampaikan terima kasih

“Selamat datang Kepada ibu ketua TIM Penggerak PKK Propinsi Lampung di Kabupaten Mesuji bumi ragab begawe caram, semboyan dari Mesuji yang artinya satu wilayah yang dihuni beberapa suku untuk membangun Mesuji ini selalu bersama dan bergotong-royong,” Terang Saply TH.

Merupakan buah dari menurunnya status level kedaruratan kita, sehingga kegiatan yang sebelumnya dijadwalkan secara daring dapat terlaksana secara luring pada hari ini walaupun tentu saja dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. Semoga kunjungan kerja ini dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi kami dan masyarakat Kabupaten Mesuji pada umumnya,” imbuhnya.

Dalam Sambutan nya Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Lampung Ibu Arinal Junaidi

“Yang saya hormati Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi ,serta hadirin yang berbahagia dengan adanya kunjungan kerja ini kami berharap akan semakin mempererat koordinasi dan kerjasama yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mesuji dan terakomodir program-program tim penggerak PKK dan organisasi-organisasi yang terkait lainnya untuk diketahui dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kabupaten Mesuji terus berupaya untuk mewujudkan visi Kabupaten Mesuji yaitu terwujudnya pembangunan yang berkeadilan rakyat sejahtera dan keamanan terjaga” Lanjut nya

“mewujudkan visi tersebut dengan berbagai pelaksanaan pembangunan dalam segala bidang dan yang menjadi prioritas kami adalah memajukan berbagai program pertanian pendidikan kesehatan pariwisata infrastruktur dan sarana prasarana lainnya juga tak luput dari perhatian kami semua sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat ” Terang nya.

Pada kunjungan kerja ibu ketua tim penggerak PKK provinsi Lampung kita semua akan mendapat masukan dan saran serta dapat saling bertukar pikiran dengan upaya mempercepat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mesuji ini.

Sebelum mengakhiri sambutan Bupati Mesuji melantunkan pantun, Merah menyala Si buah berry Sungguh cantik walaupun masam Terima kasih ucapan kuberi Sudah datang ke bumi ragab begawe caram

Dalam Sambutan nya Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Lampung yang juga stri gubernur Lampung ibu Arinal Junaidi “saya sampaikan kepada bapak bupati Ibu Wakil Bupati dan ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mesuji yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pada hari ini kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan ke-3 di tahun ini yang dilaksanakan sebagai rangkaian kunjungan kerja kami ke kabupaten kota se Provinsi Lampung ”

“kita ketahui bersama bahwa pandemi covid 19 telah berlangsung selama hampir 2 tahun dan membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia di seluruh dunia termasuk di provinsi Lampung ini tidak hanya mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga menimbulkan dampak ekonomi maupun sosial secara luar biasa, anak-anak kehilangan orang tuanya yang meninggal karena covid-19, tekanan ekonomi keluarga akibat penghasilan yang menurun.

Bahkan pada sebagian keluarga kehilangan mata pencahariannya, meningkatnya kasus gangguan kejiwaan, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta tindak pidana penjualan orang. Di sisi lain kewajiban untuk belajar secara daring bagi anak sekolah juga menjadi masalah tersendiri, baik bagi orangtua maupun anak-anak yang menjalaninya.

Tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda ternyata ketahanan masyarakat dalam bentuk semangat bergotong-royong saling membantu dan kepedulian terhadap sesama menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini.

Kegiatan pada hari ini mengambil tema “gerakan keluarga pelopor perubahan” untuk mengingatkan kita semua bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik terutama di masa pandemi ini”

“Pada kesempatan ini perlu Saya sampaikan bahwa tim penggerak PKK provinsi Lampung melaksanakan kegiatan dan pembinaan organisasi tingkat kabupaten/kota yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan 6 organisasi lainnya, yaitu yang pertama dekranasda pembinaannya adalah

Pengembangan kerajinan sulam ulat dan batik motif Mesuji, kemudian optimalisasi gerai dekranasda dan UMKM di rest area 234 untuk promosi dan pemasaran, kemudian Pokja PAUD yaitu mewujudkan PAUD holistik integratif yang terintegrasi antara pendidikan, kesehatan dan gizi serta pola pengasuhan dan perlindungan.

Kemudian diharapkan terbentuknya satu Desa satu PAUD Pokja literasi kegiatannya untuk meningkatkan minat baca kemudian ada program terampil membaca untuk anak-anak sebagai dasar anak-anak untuk belajar formal dan diharapkan satu Desa satu perpustakaan atau pojok baca Desa.

Kemudian yang keempat lembaga koordinasi kesejahteraan sosial meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang di sekitar kita. Kemudian juga pendampingan anak-anak yang kehilangan orang tua akibat dampak covid 19.

Yang kelima persatuan wanita olahraga seluruh Indonesia atau Perwosi diharapkan berperan dalam pendampingan bagi atlet wanita yang berprestasi serta memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga.

Kemudian yang ke enam yayasan jantung Indonesia memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat ini juga untuk kaum milenial untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari atau tidak merokok.

Kemudian ada juga pemeriksaan kesehatan secara berkala dan yang terakhir 7 palang merah Indonesia diharapkan Palang Merah Indonesia di Kabupaten Mesuji. Apalagi ketuanya adalah bapak Bupati agar lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram.

Karena di PMI Mesuji sendiri belum memiliki unit donor darah kemudian percepatan cakupan vaksinasi palang merah Indonesia termasuk kabupaten yang saat ini belum mendapat alokasi vaksin tetapi apabila dibutuhkan Insya Allah nanti pak ke depan kami akan upayakan karena ada 9 kabupaten yang akan kami berikan kembali melalui jalur PMI.

Organisasi dan memotivasi semua organisasi sebagai mitra Pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat. Saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran covid-19 dan penanganan dampak pandemi baik secara sosial ekonomi maupun budaya.

Terima kasih juga saya sampaikan atas peran aktif seluruh organisasi yang ada di Mesuji serta dukungan penuh dari bapak bupati, ibu Wakil Bupati beserta jajaran. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun Bumi Lampung yang kita cintai terakhir saya mengingatkan bahwa pandemi covid 19 belum berakhir sehingga kita harus tetap disiplin dalam menggunakan masker mencuci tangan menjaga jarak dan melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran covid 19 tetap semangat melindungi diri lindungi keluarga dan melindungi sesama untuk rakyat Lampung berjaya” Tutup Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Lampung Nyonya Arinal Junaidi Mengahiri Sambutan nya. (Heri.P)

Loading