Sabtu, April 27, 2024
DaerahKesehatanPemerintahanTNI/POLRI

Pangdam III/ Siliwangi Kunker ke Kabupaten Garut Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi

GARUT, Lensa Expose.com

Panglima Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Garut, dalam rangka meninjau secara langsung pelaksanaan Vaksinasi bagi siswi SMP di wilayah Kabupaten Garut, Rabu (8/9/2021) kemarin.

Kunjungan Kerja (Kunker) Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan tersebut menggunakan Kereta Api Inspeksi (KAIS) milik PT. KAI yang berangkat dari stasiun Bandung disambut langsung oleh Bupati Garut di Stasiun Cibatu Kabupaten Garut.

Dalam kunjungannya ke Garut, Mayjen TNI Agus Subianto bersama Bupati Garut, Rudy Gunawan meninjau pelaksanaan Vaksinasi di beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Cibatu.

Kemudian Kunker dilanjutkan menuju pelaksanaan Vaksinasi di Stasiun Garut, dimana rombongan Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan, berangkat ke Stasiun Garut menggunakan kembali KAIS dan disambut oleh Forum Koordinasi Daerah(Forkopimda) di Stasiun Garut.

Dalam sambutannya, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan rasa gembiranya dan penghormatan atas kedatangan dari Pangdam III/Siliwangi ke Garut,

“Kami bergembira Bapak Pangdam datang, kami atas nama masyarakat Garut juga memberikan penghormatan terhadap kedatangan Bapak kesini karena sebagai Pangdam lll Kodam Siliwangi ini, daerahnya sangat luas Jawa Barat dan Banten,

Tentu kami adalah bagian terkecil dari wilayah dimana Bapak memiliki kekuasaan sebagai Pangdam lll/Siliwangi,” ujar Bupati Garut di Aula Serbaguna Makorem 062/Tarumanagara.

Rudy mengungkapkan, bahwa saat ini seluruh pihak seperti TNI, Polri dan Pemerintah Daerah terus bahu membahu untuk membangun Kabupaten Garut.

Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Agus Subiyanto menuturkan, bahwa Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Garut ini dalam rangka melaksanakan Vaksinasi dan membagikan Bantuan Sosial kepada masyarakat Garut yang terdampak Pemberlakuan Pembatatan Kegiatan Masyarakat (PPKM),

“Hari ini kita di wilayah Garut, di Korem 062/Tarumanagara, kita melaksanakan Vaksinasi ke siswa-siswi SMP yang ada di wilayah Garut dengan jumlah 2000 orang kemudian kita memberikan juga bantuan-bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak PPKM,” tuturnya.

Ia memaparkan, tujuan melaksanakan Vaksinasi kepada Siswi sekolah ini untuk mempercepat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka(PTM) dan juga untuk membentuk “Herd Immunity” di masyarakat. Selain itu, Ia menyatakan pelaksanaan Vaksinasi ini bisa berjalan karena adanya Kolaborasi dari semua elemen masyarakat,

“Hari ini totalnya 2000, ada yang di Garut kemudian ada pula yang di Cibatu, kita Kolaborasi selain dengan TNI, Polri, Pemda, ada juga dengan HIPMI, Arta Graha, PT KAI, jadi kita kolaborasi semua elemen masyarakat,” papar Pangdam III/ Siliwangi.

Lanjut Mayjen TNI Agus Subiyanto, dalam rangka membantu mempercepat Vaksinasi di masyarakat, pihaknya menerapkan 3 strategi yakni, melakukan Vaksinasi reguler setiap hari di 42 titik yang di koordinir oleh Babinsa, kedua mendatangi tempat yang akan di vaksin dan yang ketiga adalah melakukan kolaborasi dengan semua pihak elemen masyarakat,

“Kita akan mendatangi langsung ke SMP itu, jadi kita proaktif, selama ada yang dilakukan oleh Kodam lll/ Siliwangi itu 42 titik untuk vaksinasi itu reguler tiap hari masyarakat bisa datang ke tempat-tempat tersebut, teknisnya itu di koordinir oleh para Babinsa, di data kemudian di bawa ke suatu tempat sesuai zonasi,” paparnya.

Ditambahkannya, ada per Vaksinasi, pihaknya aktif mendatangi tempat yang akan di Vaksin, serta berkolaborasi dengan beberapa elemen masyarakat, Polri, Pemda, serta Arta Graha, HIPMI dan lainnya.

Pangdam III Siliwangi, pihaknya menargetkan 35 ribu Vaksinasi per hari di wilayah Kodam siliwangi se-Jawa Barat dan Banten,

“Kita punya target itu satu hari 35 ribu vaksinasi, Kodam Siliwangi se-Jawa Barat dan Banten optimis (tercapai target) karena kita tergantung ketersediaannya Vaksin di Dinkes Provinsi, apabila lebih banyak dan kerhanya kita bisa lebih banyak untuk Vaksinasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (Suwito)

 

Editor : Admin

Loading