Kamis, Juli 25, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Pemdes Putatnutug Salurkan BLT DD Tahap Dua Kepada 120 KPM

CISEENG, Lensa Expose.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Putat Nutug Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor, telah menerima Dana Desa (DD) tahap dua. Sesuai aturan penggunaan dana di tengah pandemi, 35 persen dari total DD tersebut dialokasikan untuk bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Putat Nutug, Mad Darmawan mengungkapkan, ada 120 orang warga penerima manfaat BLT DD tahap kedua. Para penerima manfaat tersebar di 29 RT, 8 RW dan 3 Dusun yang ada di wilayah desa tersebut.

“Setiap KPM menerima 3 bulan BLT yaitu Juni, Juli dan Agustus dengan total uang 900 ribu rupiah perorang. Penyaluran BLT DD dilakukan di kantor desa,” ujar Mad Darmawan.

Ketua Paguyuban Kepala Desa (Kades) Kecamatan Ciseeng ini berhara agar BLT DD yang diterima warga dapat membantu kehidupan masyarakat yang sedang dalam kondisi kesulitan akibat pandemi.

“Secara keseluruhan, Desa Putat Nutug menerima anggaran DD senilai 1,2 miliar. Dibagi dalam dua termin atau tahap. Saat ini adalah tahap kedua.” Tukasnya.

Untuk diketahui, menurut Undang-Undang Desa, anggaran Dana Desa bersumber dari APBN, diperuntukan bagi desa guna membiayai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan sarana prasarana keentingan publik desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Dana Desa diprioritaskan untuk
pembiayaan pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup masyarakat serta penanggulangan kemiskinan dan harus sejalan dengan pencapaian target RPJMDes dan RKPDes setiap tahunnya. (Rdy)

 

Editor : Admin

Loading