Hampir Sebulan Satgas Covid Kec. Ciseeng Gelar Vaksinasi Massal, Ketersediaan Vaksin Mulai Terbatas

CISEENG, Lensa Expose.com

Program vaksinasi massal di sejumlah daerah terus dilakukan secara masiv. Masyarakat luas pun mulai antusias memgikuti giat vaksinasi ini. Namun di sisi lain, mulai ada keterbatasan jumlah ketersediaan dosis vaksin.

Seperti di Kecamatan Ciseeng, dari pelaksanaan giat vaksinasi massal yang dilakukan hampir satu bulan di halaman kantor kecamatan dengan waktu pelaksanaan 4 hari setiap minggu yaitu Senin, Selasa, Rabu dan Kamis, masyarakat sangat antusias mengikuti giat vaksinasi.

“Giat vaksinasi massal selalu antusias diikuti masyarakat. Kita lakukan secara bergilir setiap desa. Tim Satgas Covid bekerja kompak. Tapi hari ini, kami mulai ada kendala ketersediaan vaksin nya,” ungkap Agus Sopian, Sekretaris Satgas Covid 19 Kecamatan Ciseeng, Senin (2/8/2021).

Sekcam Ciseeng ini menjelaskan, setiap hari pelaksanaan kegiatan vaksinasi, sedikitnya ada 350 warga yang menjadi peserta vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh tim medis Puskesmas Ciseeng, dibantu tenaga administrasi dari unsur, PGRI Satgas Desa, IPSM serta dikawal oleh pihak Polsek dan Koramil Parung serta Satpol PP.

“Sampai hari ini ketersediaan vaksin masih cukup, namun untuk giat hari besok dan selanjutnya kami masih upayakan. Tapi Pak Camat Ciseeng dan pihak Puskesmas akan segera berkoordinasi ke Satgas Kabupaten dan Dinas Kesehatan.” Imbuh Agus Sopian.

Adanya keterbatasan persediaan dosis vaksin juga diakui Kepala Puskesmas Ciseeng, dokter Marlina Mafilinda. Menurutnya, hal ini sudah dilaporkan kepada pihak Dinkes Kab Bogor, untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam giat vaksinasi massal yang terus dilakukan di Ciseeng.

“Sejauh ini, antusias masyrakat sangat tinggi. Setiap hari ada 300 sampai 400 peserta vaksinasi. Kami terjunkan 12 tenaga medis, terdiri dari dokter, perawat dan bidan,” ujar dokter Marlina.

Ia menambahkan, vaksinasi terus dilakukan untuk memenuhi target capaian peserta vaksinasi di wilayah Puskesmas Ciseeng yang memiliki area tugas di tujuh (7) desa. Sementara untuk jenis vaksin yang digunakan adalah vaksin Sinovac.

“Ya mudah – mudahan vaksin nya tersedia, sehingga vaksinasi massal terus dapat dilakukan. Karena memang stok vaksin yang kami miliki tinggal untuk hari ini saja. Saya dan Pak Camat akan segera berkoordinasi ke Dinkes Kabupaten Bogor.” Pungkasnya. (Rdy)

 

Editor : Admin

 245 total views,  1 views today