Jumat, April 19, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Pemdes Situsari Bangun Jalan Desa Pakai Samisade, Warga: Mimpi Selama Ini Jadi Kenyataan

Bogor, Lensa Expose.com

Pemerintah Desa (Pemdes) Situsari, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor, memaksimalkan program bantuan dana infrastruktur satu miliar satu desa (Samisade) yang digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk membangun jalan Antar desa di Kampung Binong Sampe wilayah Desa mampir
kepala Desa Situsari menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemkab Bogor terutama Bupati Bogor Ade Yasin atas bantuan anggaran dana program Samisade yang telah diberikan sebagai satu program unggulan pembangunan desa.

“Karena melalui program Samisade ini, Pemdes Situsari dapat merealisasikan keinginan warga untuk membuat jalan penghubung tiga desa yaitu antara Desa Mampir – Desa Situsari dan Desa Cipeucang” ungkap M. Dahlan, Rabu (21/7/2021).

Ia menjelaskan, selain menjadi jalan penghubung 3 desa di Kecamatan Cileungsi pembangunan jalan desa ini juga memudahkan akses pengguna jalan dari Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi Sampe Desa mampir Oleh karenanya, lanjut Dahlan, program pembangunan jalan tersebut disambut antusias oleh warga.

“Manfaat jalan antar desa ini selain dirasakan warga Desa Situsari, juga dirasakan warga Desa mampir dan Desa Cipecang Kecamatan Cileungsi serta masyarakat Desa Situsari Kecamatan Cileungsi,” bebernya.

Selain memudahkan aksesibilitas warga, sambung M. Dahlan, adanya pembuatan jalan desa juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus sebagai tanda batas Desa Situsari dan Desa mampir Kecamatan Cileungsi,

“Jalan antar desa ini dibangun sepanjang 1.250 meter dan lebar 4 meter. Ketebalan 0.15 meter. Semua proses pekerjaan pembangunan didanai dari program anggaran dana Samisade,” Dahlan.

Sementara Kepala Desa (Kades) M Dahlan menambahkan, proses pekerjaan pembangunan jalan desa dilakukan melalui sistem Padat Karya Tunai (PKT).

“Jadi yang dilibatkan dalam pekerjaan pembangunan ini adalah warga sekitar. Desa Situsari” Ujar’nya

Seorang tokoh masyarakat kampung Binong , mengucapkan rasa terimakasih kepada Bupati Bogor dan khususnya kepada Kepala Desa Situsari M. Dahlan atas terlaksananya pembangunan jalan lintas desa tersebut .

“Seperti bermimpi saja, karena jalan ini sekarang akhirnya dapat dibangun. Sudah puluhan tahun warga menginginkan adanya jalan lintas desa ini dan sudah beberapa kepala desa tidak pernah tersentuh. Saya sangat senang dan gembira, makanya saya seperti mimpi,” tutupnya dengan wajah Bahagia,

Untuk diketahui, dari 416 desa di Kabupaten Bogor, bantuan keuangan Samisade tahun 2021 diberikan kepada 356 desa dengan total anggaran Rp318.497.151.644,- (tiga ratus delapan belas miliar empat ratus sembilan puluh tujuh juta seratus lima puluh satu ribu enam ratus empat puluh empat rupiah), tersisa 60 desa yang belum mendapatkan bantuan samisade dan akan diusulkan dalam anggaran perubahan. Anggaran itu berasal dari APBD Kabupaten Bogor

Bupati Bogor Ade Yasin sebelumnya meminta kegiatan/proyek yang diusulkan dalam Samisade harus benar- benar dibutuhkan masyarakat dan merupakan hasil musyawarah desa.

“Mengingat saat ini masih kondisi pandemi covid19, yang mengakibatkan turunnya kemampuan ekonomi masyarakat, diminta agar kegiatan Samisade menerapkan pola padat karya, artinya melibatkan masyarakat miskin atau yang terkena imbas pandemi covid 19 yang tidak termasuk penerima BLT dana desa, PKH, BPNT dan bantuan lainnya. Saya minta dalam RAB harus terlihat anggaran upah kerja bagi penduduk miskin desa yang bersangkutan,” ujarnya.

“Kelola samisade dengan baik, transparan dan akuntabel, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, dan pertangungjawaban; agar bermanfaat sesuai tujuan dan harapan,” tegas dia. (Irgi Yostisio)

 

Editor : Admin

Loading