Pemerintah Desa Sukamakmur Bangun Jembatan Pake Dana Desa

Bogor, Lensa Expose.com

Guna meningkatkan konektivitas dan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Pemerintah Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, merealisasikan pembangunan jembatan menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2021.

Kepala Desa Sukamakmur Ujang Sunandar mengatakan, pembangunan jembatan ini sebelumnya terlebih dahulu diawali dengan musyawarah bersama masyarakat sehingga anggaran DD dimanfaatkan untuk membangun jembatan. Dana desa yang diterima oleh Desa Sukamakmur sudah dimasukkan dalam APBDes yang memuat rencana kegiatan pembangunan infrastruktur, salah satunya untuk membangun jembatan,” katanya saat ditemui Expose, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, pembangunan insfratuktur yang menggunakan anggaran dana desa tersebut berdasarkan usulan dari masyarakat yang kemudian dibahas dalam Musrenbang tingkat desa. Karena itu, jika ada usulan warga yang belum bisa terealisasi pada tahun ini, dirinya berharap masyarakat dapat memaklumi dan akan diusulkan pada tahun depan.

“Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan jembatan TPK desa memberdayakan masyarakat setempat sesuai dengan program padat karya tunai (PKT). Anggaran yang terserap besarnya bervariasi, sesuai volume kegiatan atau proyek yang dikerjakan,” ungkapnya.

Dijelaskan bahwa pembangunan jembatan di Desa Sukamakmur berada di Pamoyanan RT 02 RW 01 volume P 12 M x 4 M. Pembangunan jembatan ini merupakan menjadi salah satu prioritas dan pengerjaannya sudah dimulai dari bulan Juli 2021.

Sementara Dede Staf Desa Sukamakmur saat ditemui mengaku merasa senang dengan dibangunnya jembatan tersebut dan berharap manfaatnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Karena jembatan yang lama selama ini sangat mengkhawatirkan sekali pada saat dilewati dan kini sudah dibangun sesuai harapan masyarakat,” ungkapnya.

Siti warga Pamoyanan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mewujudkan keinginan warga selama ini untuk dibuatkan jembatan yang layak untuk dilintasi.

“Setidaknya dengan adanya jembatan baru ini dapat mempermudah akses warga dalam beraktivitas sehari-hari,” ujarnya. ( Irgi Y )

 

Editor : Admin

 164 total views,  1 views today