Minggu, Juli 21, 2024
Jawa TengahPemerintahan

Pemdes Cibentang Launching Samisade, Lukman Kasi Ekbang: Jangan Sampai Ada Kades Yang Terjerat Hukum

Lensa Expose.com

CISEENG – Pemerintahan Desa (Pemdes) Cibentang, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor melaunching Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade)  di aula kantor desa, Selasa (13/07/2021).

Pelaunchingan program Samisade desa cibentang tersebut salah satu program Bupati Bogor Ade Yasin dalam percepatan pembangunan dan juga untuk meningkatkatkan tarap perekonomian warga yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Acara launching tersebut dihadiri oleh Kades beserta staff, Sekcam Ciseeng, Kasi Ekbang, LPM, Ketua BPD, Ketua Rt/Rw dan juga Kadus.

Saat ditemui usai acara Kades Cibentang Hasanudin mengatakan, launching Samisade ini memang program yang kita tunggu-tunggu dan juga masyarakat karena untuk program pembangunan di wilayahnya supaya bisa segera berjalan untuk akses aktivitas warga masyarakat desa cibentang.

“Hari ini kita launching program Samisade, dan alhamdulillah uangnya sudah ada di Bank, cuman belum diambil. Insya Allah setelah launcing ini akan segera kita sosialisasikan dan segera kita laksanakan pengerjaannya,” Kata Kades Hasanudin.

Namun, sambung Kades, anggaran yang masuk baru 40% dari total anggaran yang diserap dari program Samisade sebesar Rp. 999.991.000,-

“Itu kita akan laksanakan di 3 wilayah, yakni Betonisasi Jalan Satata Sariksa Rw. 001-002 sepanjang 830m x 3m x 0,10cm, Betonisasi dan TPT di Kampung Cileuleuy Rt.03/06-03, sepanjang 684m x 2,5m x 0,10cm dan Betonisasi Jl. Kampung Cibentang Livo Rt.03/02 sepanjang 358m x 2,5 x 0,10cm. Mudah-mudahan itu bisa dirasakan oleh warga sekitar,” terang Kades.

Kades menuturkan, beberapa di wilayah kondisi jalan banyak yang sudah hancur, karena selama ini belum ada program lain dan anggaran desa pun dialihkan ke penanganan Covid-19.

“Karena program dana desa dan program lainya itu habis sama penanganan Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Dan saya harap semua warga bisa memantau pelaksanaan program Samisade ini agar semuanya bisa berjalan sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

Sementara Kasi Ekbang Kecamatan Ciseeng Lukman menjelaskan, bahwa program Samisade tersebut dilakukan dua tahap, termasuk desa cibentang ini tahap pertama akan dikucurkan 40% dan tahap kedua 60%

“Saat ini yang sudah launching program Samisade baru dua desa, yakni desa cibeuteung muara dan desa cibentang. Adapun mekanisme pengerjaannya kita tetap lelang karena semuanya diatas 200 juta,” kata Lukman.

Lukman menegaskan, pelaksanaan program Samisade di Kecamatan Ciseeng ini agar dilakukan sesuai dengan tahapan dan aturan yang ada, dan jangan sampai ada kades yang terjerat hukum.

“Karena kan samisade ini sangat riskan, jadi nanti ada pembinaan-pembinaan dari kecamatan atau pengawasan dari inspektorat pun nanti pasti akan turun,” tutupnya. (Rdy)

 

Editor: Admin

Loading