Jumat, April 19, 2024
DaerahTNI/POLRI

Tim Monitoring Dan Asistensi Polsek Harkamtibmas Kunjungi Polsek Semaka Dan Pematang Sawa

Semaka, Lensa Expose.com

Tim Polda Lampung melaksanakan monitoring dan asistensi terkait Polsek Harkamtibmas terhadap Polsek Semaka dan Polsek Pematang Sawa Polres Tanggamus, Kamis (8/7/21).

Kegiatan asistensi terhadap 2 Polsek tersebut dipimpin AKBP Muchtar, SE. MH selaku Penyidik Madya Ditreskrimum Polda Lampung dipusatkan di gedung pelayanan Mapolsek Semaka.

Tergabung dalam tim yakni Kabag Strajemen Rorena Polda Lampung AKBP Dasep Wahyu Permadi, SP, SH., Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Lampung AKBP M. Yaman dan Kasubbag Strabang Rorena Polda Lampung Penata TK I, Dian Eko. W.

Tim juga didampingi Kabag Ren Polres Tanggamus Kompol A. Yudi Taba, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan dan Kasat Reskrim AKP Ramon Zamora, SH.

Kegiatan ini dihadiri Kapolsek Semaka AKP I Ketut Gister, Kapolsek Pematang Sawa Ipda Ahmad Junaidi, para Kanit dan Kasium Polsek Semaka dan Polsek Pematang Sawa.

AKBP Muchtar, menjelaskan Polsek Harkamtibmas lebih mendominasi untuk pelayanan dan pengayoman terhadap masyarakat.

“Polsek Harkamtibmas tidak melaksanakan proses penyelidikan dan penyidikan, namun polsek masih tetap menerima laporan dari masyarakat,” kata AKBP Muchtar.

AKBP Muchtar menegaskan, dengan tidak melayani penyidikan bukan bermaksud membuat masyarakat menjadi repot sebab dengan Harkamtibmas diupayakan Bhabinkamtibas bersama para tokoh dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

AKBP Dasep dalam penjelasannya menyatakan bahwa Supervisi dalam rangka menindak lanjuti perintah Kapolri tentang Polsek Harkamtibmas dan bagaimana cara memecahkan  permasalahan dengan cara di luar jalur hukum yang ada.

Sementara itu menurut AKBP M. Yaman bahwa jika ada permasalahan yang tidak terlalu berat dapat di selesaikan di tingkat pekon melalui Alternatif Despute Resolution atau rembuk pekon.

“Perkara ringan dapat diselesaikan melalui rembuk pekon dengan memberdayakan personil Babinkamtibmas bersama para tokoh,” tegasnya.

Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK melalui Kabagren Kompol A. Yudi Taba mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim Monitoring dan Asistensi implementasi Polsek Semaka dan Polsek Pematang Sawa.

Kesempatan itu Kompol A. Yudi Taba berharap kepada jajaran Bhabinkamtibmas agar melekat kepada para tokoh dan aparat pekon guna mensosialisasikan Polsek Harkamtibmas.

“Agar ditingkatkan peran Bhabinkamtibmas dengan melekat kepada tokoh masyarakat, aparat pekon dalam penyelesaian masalah di tingkat pekon dan ke mensosialisasikan Polsek Harkamtibmas,” tandasnya.

Dalam rangakain kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan Prokes guna mengantisipasi serta mencehah penyebaran Virus Covid-19. (Masri Sp)

 

Editor: Admin

Loading