Jumat, April 26, 2024
Jawa TengahPemerintahanSosial & Budaya

PPKM Darurat, Penyaluran BLT DD Desa Perigi Mekar Dilakukan Secara Door Todor ke Tiap Rumah KPM

Lensa Expose.com

CISEENG – Untuk menghindari kerumunan warga dan sudah ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Perigi Mekar dilakukan secara door todor ke tiap rumah kelaurga penerima manfaat (KPM), Rabu (7/7/21).

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan oleh 8 (delapan) orang staf desa yang dibagi menjadi 2 (dua) tim dan masing-masing tim disebar ketiap rumah warga penerima manfaat sebanyak 102 KPM. Kegiatan itu juga didampingi oleh Bhabinkamtibmas Desa Perigi Mekar.

Saat ditemui diruang kerjanya, Wahyuni selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Perigi Mekar menjelaskan, Pemerintah Desa Perigi Mekar saat ini sudah menyalurkan bantuan BLT DD sebanyak 4 (empat) kali di tahun 2021.

“Sebelumnya kita sudah salurkan yang tiga tahapnya di kantor desa, dan untuk tahap yang keempat ini kita penyalurannya dilakukan secara door todor. Karena untuk menghindari kerumunan warga dan mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) terkait PPKM Darurat,” Katanya.

Wahyuni mengaku, meski sudah di infornasikan kepada Rt/Rw melalui group WhatsApp, petugas dilapangan sempat kesulitan saat proses penyaluran bantuan tersebut.

“Ia jadi kita kesulitannya kadang dari berkas si penerima yang kurang lengkap, orangnya gak ada ditempat, bahkan ada juga yang gak bisa jalan. Tapi walaupun begitu, alhamdulillah penyaluran bantuan berjalan lancar,” ungkap Wahyuni.

Menurutnya, penyaluran bantuan BLT DD sebesar 300 ribu, dilakukan dengan cara door todor ini membantu dan memudahkan kepada warga yang menerima bantuan juga efektiv.

“Jadi selain tidak berkerumun di kantor desa, kita juga bisa mengetahui langsung kondisi dan keadaan mereka (penerima manfaat). Karena untuk perigi mekar ini kita prioritaskan untuk lansia dan yang benar-benar layak menerima bantuan.” pungkasnya. (Rdy)

 

Editor: Admin

Loading