Jumat, April 19, 2024
Daerah

Taruna AKIP Angkatan 53 Buat Sebuah Terobosan Baru di Area Rutan Kota Agung Dengan Membudidayakan Tanaman Hidroponik

Tanggamus, Lensa Expose.com

Anggota Taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) Angkatan 53 yang saat ini sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Kota Agung membuat sebuah terobosan baru dengan cara membudidayakan tanaman hidroponik di area Branggang Rutan.

“Kegiatan ini kami baru lakukan, dan merupakan bentuk dari pengabdian Taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) angkatan 53 yang saat ini sedang melaksanakan KKN di Rutan Kota Agung,” kata Kukuh salah seorang perwakilan anggota Taruna AKIP angkatan 53.

Menurutnya, terbatasnya luas lahan di Rutan Kota Agung membuat kami mencari cara lain untuk bisa bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, yakni budi daya tanaman hidrofonik.

“Tanaman hidrofonik yang dibudidayakan adalah jenis sayuran kangkung, pakcoy dan sawi dengan menanamnya bukan di media tanah, tetapi memanfaatkan media air larutan bernutrisi,” katanya.

Ia menuturkan, selanjutnya kami telah memulai tanaman hidroponik sejak 5 hari ini, dengan menggunakan pipa peralon 4 inci, netpot hidroponik 270 buah, 1 buah mesin pompa air dan pupuk.

“Diperkirakan panen sayuran ini selama 40 hari. Mudah-mudahan nanti dapat berhasil,” ujar Kukuh.

Kepala Rutan Negara Kota Agung Akhmad Sobirin Soleh mengucapkan terima kasih kepada para Taruna AKIP angkatan 53 serta mengapresiasi terobosan inovasi yang dilakukan.

“Saya sebagai Karutan Kota Agung mengucapkan terima kasih kepada adik-adik Taruna AKIP Angkatan 53. Karena menurutnya, ini juga merupakan kegiatan pembinaan bagi narapidana yang ada di Rutan Kota Agung saat ini,” kata Sobirin.

Ia melanjutkan hasil dari tanaman sayur ini nantinya akan dijual kepada pihak keluarga napi dan warga sekitar serta pegawai Rutan Kota Agung sehingga bisa menambah Upah Premi bagi narapidana.

“Kami berharap nantinya tanaman hidroponik ini terus dikembangkan sebagai modal ilmu bagi narapidana jika bebas nanti,” ujarnya lagi.

Selain pembinaan, sambungnya, ilmu budidaya tanaman hidroponik, napi Rutan ini juga mendapatkan pembinaan mental, agama dan jasmani yang terus dilakukan.

“Kami menginginkan narapidana ini saat bebas nanti memiliki modal ilmu yang kuat untuk menjalani hidup bersama keluarganya,” tutupnya. (Masri)

 

Editor : Admin

Loading