Sabtu, April 27, 2024
DaerahParlemen

Pemkab Garut Bersama Polres Garut Gelar Apel Persiapan Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2021

GARUT, Lensa Expose.com

Pemerintah Kabupaten Garut bersama Polres Garut menggelar Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 bertempat di Lapang Apel Mapolres Garut, Jln.Jenderal Sudirman No 204, Suci, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa-Barat, Senin (7/6/2021).

Pelaksanaan kegiatan Gelar Apel Pengamanan Persiapan Pilkades Serentak tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Garut, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemkab Garut, dan Pasukan Gabungan (Kodim 0611/Garut, Denpom lll/2 Garut, Yonif 303 Raider, Satpol PP, Dishub, Sat Lantas, Sat Intel, Sat Reskrim, Sat Narkoba, Dalmas, gabungan Polsek Polres Garut dan Sat Brimob Polda Jabar ).

Bupati Garut, Rudy Gunawan selaku Inspektur Upacara menyampaikan, bahwa dalam rangka pengamanan pilkades serentak, Polres Garut dibantu oleh personil dari Bawah Kendali Operasi(BKO) lain.

“Gelar pasukan kali ini dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan jajaran Polres Garut yang dibantu oleh BKO Polres samping, disini ada Polres Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya Kota, ada dari Polres Ciamis, dari Polres Sumedang dan Brimob Polda Jabar,

Serta didukung penuh oleh TNI dan Instansi terkait Kabupaten Garut, Satpol PP, Dishub, disini juga ada dari BPBD dan dari Damkar untuk bersama-sama bersinergi melaksanakan rangkaian tahapan dalam Pilkades Serentak ke l (Satu) Tahap ll(dua) Tahun 2021 Kabupaten Garut dapat berjalan aman,tertib dan lancar di tengah Pandemi Covid-19 yang belum kunjung selesai,” ujarnya.

Lanjut Rudy, Ia menuturkan untuk pengamanan Pilkades serentak ini, Polres Garut melibatkan 2/3(dua per tiga) personil dalam penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa,

“Pengamanan Pilkades serentak Gelombang l (satu) Tahap ll (dua) Tahun 2021 Kabupaten Garut, Polres Garut melibatkan dua per tiga kekuatan personil untuk mengamankan setiap tahapan Pilkades serentak ini, termasuk Pengamanan 2.228 TPS yang tersebar di 217 desa, 40 Kecamatan dan Polsek,” tuturnya.

Namun demikian, Ia mengungkapkan, Pilkades mempunyai kerawanan sebagai dinamika politik dan jika tidak di antisipasi dan ditangani di khawatirkan mengganggu keamanan, ketertiban dan kelancaran pada Pilkades serentak tahun 2021.

“Sudah barang tentu, jajaran Polres Garut dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari berbagai kerawanan yang timbul sebagai dinamika sosial politik yang terjadi dimana apabila tidak di antisipasi dan di tangani dengan baik, di khawatirkan dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan kelancaran selama Pilkades serentak dilaksanakan,” ungkap Rudy Gunawan.

Selain itu, selaku Bupati Garut dirinya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelaksanaan pengamanan pilkades serentak gelombang ll (dua),

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal baik di hadapan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Bupati Garut mengamanatkan 7 Hal dalam Pengamanan Pilkades Serentak 2021 diantaranya;

1.Para petugas yang akan bertugas untuk menyiapkan mental dalam pelaksanaan pengamanan nanti.

2.Melakukan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat.

3.Meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan terhadap kemungkinan terjadi aksi teror dan tindakan anarkis.

4.Memaksimalkan potensi masyarakat yang ada di wilayah seperti tokoh agama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk membantu proses pemungutan suara.

5.Menjaga netralitas selaku aparat keamanan dengan tidak mengarahkan keluarga supaya untuk memilih pasangan calon kepala desa tertentu.

6.Menjalin kerjasama yang harmonis dengan sebuah instansi terkait dan segenap potensi masyarakat dalam menunjukkan sinergitas komisioner yang proaktif, dan

7.Jaga kesehatan, keselamatan patuhi dan jalankan protokol kesehatan Covid-19.
(Suwito/Ded)

 

 

Editor : Admin

Loading