Jumat, Juli 26, 2024
Peristiwa

Bupati Bogor Ade Yasin Tinjau Lokasi Bencana Banjir Bandang di Kampung Kadaung Desa Rengasjajar Kecamaan Cigudeg

Lensa Expose.com

CIGUDEG- Bupati Bogor Ade yasin beserta jajarannya meninjau lokasi korban bencana banjir bandang di Kampung Kadaung
Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, pada, Rabu (19/05).

Selain ke posko logistik dan memberikan bantuan paket sembako untuk korban banjir, Ade Yasin juga meninjau langsung Rumah warga yang berada di bibir sungai kali Cidangdeur yang telah rata dengan tanah.

“Adanya tanggulan yang jebol karena debit air yang cukup tinggi dari sungai cidangdeur yang sehingga masuk ke pemukiman warga menyebabkan rumah warga yang berada di bibir sungai mengalami ruksak berat dan ruksak ringan,” ujar Bupati Bogor.

Menurut Ade terjadinya Banjir masalah utamanya dari pendangkalan di aliran sungai Cidangdeur. “Sehingga ini penanganannya selain memperbaiki tanggul, juga pengerukan sungai rasanya ini perlu di lakukan supaya tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Di hari yang sama, selain Desa Rengasjajar Ade juga akan meninjau ke Desa Tegallega, untuk melihat situasi dan kondisi disana. Menurutnya untuk bahan pokok makanan sudah terpenuhi.

“Nanti Kita akan melihat dari hasil pantauan kita, masalahnya apa yang perlu di perbaiki dan untuk sementara suplai makanan ini kita ada dari dinsos serta relawan-relawan yang lain. Jadi kebutuhan pokok sudah kita penuhi termasuk air bersih. Sambil kita lihat untuk inpraktruktur nya seperti apa yang harus di benahi,” kata Ade Yasin.

Ia menyebutkan yang terdampak 300 Kepala Keluarga namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian banjir bandang yang pada senin kemarin.

“Tidak ada rencana relokasi karena memang situasinya masih terkendali tapi yang terdampak kita ungsikan dulu karena ini sungai saja yang menjadi masalah, kalau untuk kestabilan tanah masih bagus. Hanya sungai saja yang perlu di benahi,” terangnya.

Sementara itu, Andri dari PUPR Kabupaten Bogor akan melakukan tindakan secepatnya akan menurunkan alat berat yang bekerja sama dengan UPT Cigudeg.

“Berdasarkan perintah pimpinan bahwa Keinginan warga untuk dibuatkan TPT, Kita akan laksanakan di tahun ini juga secepatnya, Maka akan di buatkan TPT sepanjang 18 meter tinggi 4 meter,”

“Otomatis akan menanggulangi dampak bencana banjir susulan mudah mudahan itu bisa kita tangani dan menjadi solusi bersama warga sekitar,” tukasnya. (Rdy)

Loading