Kades Gunungsungging Dan BPN Serahkan 286 Sertifikat Tanah PTSL

Sukabumi, Lensa Expose.com

Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 286 buku Sertifikat untuk masyarakat Desa Gunungsungging yang telah selesai secara administrasi. Adapun jumlah kuota untuk desa gunungsungging sebanyak 2590 buku Sertifikat dan baru selesai sebanyak 286 buku Sertifikat, dan sisanya akan diserahkan secara bertahap.

Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan di Aula Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Penyerahan sertifikat tanah tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Gunungsungging (Nanang-red ), unsur muspika Kecamatan Surade, Babinsa, Bhabinkantibmas, Tokoh Masyarakat dan Alim Ulama. Turut hadir juga dari Kantor BPN, Mulyo Santoso SH, Kasi SPH beserta jajarannya.

Secara simbolis diserahkan kepada Enoh, warga Kampung Salenggang dan Didi, warga Kampung Pasir Malang, yang diserahkan oleh kepala Desa Gunungsungging, Nanang dan Kasi SHP, Muljo Santoso SH.

Kepala Desa Gunungsungging, Nanang, kepada pewarta mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas adanya Program PTSL dan pihak BPN Kabupaten Sukabumi.

Dirinya berharap program PTSL tersebut terus berjalan, sebab sangat dibutuhkan masyarakat. Lebih lanjut Nanang mengatakan, apabila 2590 buku Sertifikat warganya telah terealisasi, masih ada seribuan buku Sertifikat lagi untuk warganya.

“Saya berharap program PTSL ini berkelanjutan, sebab program ini sangat bermanfaat dan untuk masyarakat saya masih ada seribuan lagi kebutuhan buku Sertifikat tanah, dan atas nama pribadi dan masyarakat, saya menyampaikan trimakasih kepada BPN,” ungkap Nanang.

Lebih jauh Nanang mengatakan, dengan adanya sertifikat tanah, diharapkan akan dapat mendongkrak ekonomi masyarakatnya. Juga akan menciptakan suasana masyarakat yang semakin terjaga kenyamanan dimasyarakat. Sebab, status tanahnya sudah memiliki status hukum yang nyata, yaitu dengan adanya sertifikat tanah.

Selain itu, Enoh salah satu penerima Sertifikat saat diminta tanggapannya mengatakan, dirinya merasa mimpi mendapatkan sebuah sertifikat atas tanahnya. Apalagi tadi dirinya adalah salah seorang yang menerimah secara simbolis. Dirinya menyampaikan trimasihnya kepada pemerintah (BPN-red) dan khususnya kepala desa yang telah mewujudkan mimpinya untuk memiliki sertifikat tanah atas tanahnya.

Semenrara Nugraha, dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) di Pajampangan yang bermarkas di Kecamatan Surade mengatakan, bahwa hal tersebut adalah salah satu bentuk karya nyata seorang pemimpin yang memperjuangkan mimpi masyarakatnya untuk memiliki sertifikat tanah.

“Saya berharap, agar Kepala Desa Gunungsungging (Nanang) terus melakukan terobosan – terobosan untuk membangun desa dan juga mensejahterakan masyarakatnya,” pungkasnya. (Rian)

 

Editor : Rdy

 118 total views,  1 views today