Kamis, April 25, 2024
Sosial & Budaya

Desa Mekar Jaya Salurkan BLT Tahap II

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Dengan menggunakan tongkat Sulai Kesah datang ke Water Boom Sungai Manggar Desa Mekar Jaya. Kakek 73 tahun ini harus diantar tetangganya, mengingat kondisi kakinya tidak bisa berjalan dengan baik.

Sulai, bersama dengan 168 orang lainnya, akan menerima Bantuan Langsung Tunai Tahap (BLT) tahap II bagi warga Desa Mekar Jaya, Selasa (16/3/21). Setiap warga menerima Rp 300 ribu sepanjang tahun 2021 ini.

“Ini bulan ke dua dapat BLT. Karena aku memang dak bisa berbuat banyak (bekerja-red), duit 300 ribu ini akan dipakai untuk beli sembako dengan kebutuhan sehari-hari,” ungkap Sulai kepada Diskominfo Beltim.

Warga RT 7 Desa Mekar Jaya yang tinggal hanya berdua bersama sang istri itu mengaku selain mendapatkan bantuan BLT, anak-anaknya juga selalu membantu biaya hidupnya. Namun Ia berharap BLT akan terus berlanjut mengingat sangat dibutuhkan terutama bagi warga sepertinya.

“Untuk masyarakat yang lain membutuhkan mudah-mudahan bantuan seperti ini tidak terputus agar bisa membantu meringankan beban ekonomi,” harap Sulai.

Kepala Desa Mekar Jaya Syamsudin menyatakan Desa Mekar Jaya menyiapkan anggaran kurang lebih Rp 600 juta untuk penyaluran BLT. Anggaran bersumber dari Dana Desa tahun 2021.

“Sekarang sistem pencairannya per tahap habis buat laporan langsung cair terus buat laporan lagi. Gitu seterusnya,” ujar Syamsudin

Syamsudin menjamin seluruh warga yang menerima BLT tidak ada yang tumpang tindih dengan program bantuan lainnya. Bahkan jika terdapat warga yang sudah dianggap layak atau meninggal maka dialihkan ke warga yang belum pernah menerima dan diprioritaskan lansia.

“Kita gantikan dengan para lansia yang memang belum tercover dalam PKH (Program Keluarga Harapan) atau BNPT (Bantuan Pangan Non Tunai). Tidak ada yang doble semua sudah kita singkronkan,” kata Syamsudin. (Tomy)

 

Editor : Rdy

Loading