Usai Dilantik Bupati Bogor, Begini Komitmen Kepala Desa Bendungan Hj. Nemi Nuraeni

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Usai dilantik oleh Bupati Bogor Ade Yasin, bersama 88 Kepala Desa yang lain, Kepala Desa Bendungan, Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor bermantapkan diri untuk membangun diwilayah desanya.

Meurut Kades Bendungan Hj. Nemi Nuraeni, pembangunan Desa sedang digencarkan oleh Pemerintah melalui kucuran dana ke setiap Desa. Bantuan pemerintah berupa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), ditambah program Bupati yakni Satu milyar satu Desa (Samisade), harus dimanfaatkan dengan baik.

“Sebelum melakukan pembangunan secara fisik, saya lebih dahulu perlu membangun kesadaran masyarakat agar merasa memiliki, dan ikut berperan dalam pembangunan Desa. Karena tidak mungkin memajukan Desa seorang diri, tapi itu sudah terbukti. Masyarakat Bendungan sangat kompak dalam membangun Desa. Selalu terjun ikut membantu pembangunan Desa sebelum saya menjabat Kades sekarang ini,” ungkap Hj. Nemi, Senin (08/02/2021).

Peran masyarakat tambah Nemi, ikut serta membangun Desa sangatlah penting, perlu ada sinergi dan rasa memiliki, bukan semata mata sekadar memiliki melainkan ikut serta membangun dan menjaga desa.

“Ini amanah yang harus saya junjung tinggi, untuk itu ayo bangun tanah kelahiran ini bersama-sama,” tambahnya.

Selain itu, Hj. Nemi juga ingin membangun pola fikir masyarakat kearah yang lebih positif. Tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, melainkan juga untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas Perangkat Desa.

“Kucuran dana pemerintah itu sangat besar, sehingga selain untuk memperbaiki infrastruktur, dana itu Insya Allah akan disisihkan untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kerakyatan,” paparnya.

Kades yang belum lama dilantik itu meyakini, kedepanya Desa Bendungan bakal jadi Desa percontohan untuk Desa lain.

“Kami siap membangun desa, agar nantinya bisa menjadi desa percontohan di Kabupaten Bogor,” tutupnya. (Irgi Yostisio)

 

Editor : (Rdy)

 245 total views,  1 views today