Tim Batu Penyuk Raih Juara Satu Lomba Kasti Selama Tiga Tahun Berturut-Turut

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Tim Kasti Putri Desa Batu Penyu, Kecamatan Gantung menjadi jawara dalam Lomba Kasti Liga Desa Tahun 2021 yang berlangsung di Komplek Stadion Belitung Timur Pelangi pada Sabtu, (30/1/21).

Selama 3 (tiga) tahun berturut-turut, Tim Desa Batu Penyu selalu juara I (satu) dan membawa pulang Trophy.

Tim Desa Penyu juara setelah menaklukkan Tim Tetangga Desa Gantung dengan skor 12-6. Sejak awal pertandingan, Tim Batu Penyu yang mayoritas diperkuat oleh pemain senior selalu mendominisi jalannya pertandingan. Bermodalkan pengalaman dan beberapa atlet yang pernah ikut kejuaraan Nasional Kasti.

Pertandingan berlangsung seru dan menarik. Namun, sempat terjadi aksi protes dari pemain Desa Penyu lantaran salah pengertian, beruntung wasit sigap dan berhasil menengahi.

Kapten Tim Desa Batu Penyu Irawati (42) mengaku sangat senang dapat mempertahankan gelar juara kasti selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. Kemenangan ini menurutnya karena pengalaman dan kerjasama tim yang baik dan solid.

“Alhamdulillah, kemenangan ini untuk ke-tiga kalinya berturut-turut, dan belum pernah terkalahkan. Kemenangan ini karena perjuangan kawan-kawan dan dukungan semua pihak, terutama dari Pemerintah Desa Batu Penyu,” kata Irawati.

Ira yang sudah berstatus nenek satu cucu itu sangat suka bermain kasti. Bahkan meski saat ini Dia sedang mengandung tiga bulan dia ikut lomba untuk memimpin timnya.

“Ini pelakian dak tahu aku main kasti. Mun tahu sih pasti dak disuruh,” ujar Ira yang diaminkan oleh anaknya.

Meski diisi oleh pemain yang berusia lanjut. Ira menyatakan, pengalaman dan kekompakan jadi modal utama bermain kasti. Itulah mengapa kasti sangat jarang digandrungi putri usia remaja.

“Kami tim dari Desa Batu Penyu bahkan pernah ikut mewakili Kabupaten Beltim di tingkat Provinsi, dapat juara tiga kali. Kami juga berlima pernah dikirim ke Bali untuk ikut di ajang Nasional dapat juara III,” ungkap Ira.

Tahun 2021 Pemkab Adakan Lomba Kasti Tambahnya, Wakil Bupati Beltim Burhanuddin berniat untuk mengadakan lomba kasti lagi di tahun 2021 ini.

Hal ini lantaran Wabup yang ikut menyaksikan pentandingan Final dan Perebutan Juara 3 – 4, ikut merasakan antusiasme dan kekompakan ibu-ibu saat bermain kasti.

“Luar biasa spirit dan kekompakan ibu-ibu ini. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa dua kali mengadakan lomba kasti,” kata Aan sapaan Wabup sesuai menutup Pertandingan Kasti Liga Desa Kabupaten Beltim sekaligus membagikan trophy dan hadiah untuk pemenang di Komplek Stadion Belitung Timur Pelangi Sabtu, (30/1/21).

Aan juga ingin agar kasti yang masuk dalam kategori olahraga tradisional dapat memasyarakat. Dengan banyaknya lapangan atau tanah luas di desa-desa, Ia berharap masyarakat terutama di kampung-kampung akan rutin memainkan olahraga ini.

“Yang jelas, untuk kasti ini kita ingin semarak di kampung-kampung memainkan olahraga kasti, karena antusiasnya mereka luar biasa,” ujar Aan.

Bahkan Aan juga akan meminta Dinas Kepemudaan dan Olahraga selaku OPD yang menaungi olahraga tradisional membuatkan lomba khusus untuk olahraga tradional. Apalagi kejuaraan olahraga tradisional juga dilaksanakan di tingkat Provinsi, Nasional, hingga Internasional.

“Untuk hadiah nanti bisa kita anggarkan atau kita cari sponsor. Olahraga tardisonal harus terus kita pelihara,” ujar Aan.

Adapun hasil Pertandingan Kasti Liga Desa Kabupaten Beltim 2021 sebagai berikut:

Juara I : Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung
Juara II: Desa Gantung Kecamatan Gantung
Juara III: Desa Mengkubang Kecamatan Damar
Juara IV: Desa Lenggang Kecamatan Gantung.

 

Penulis : Tomy

Editor   : Rudi H

 449 total views,  4 views today