Kamis, April 18, 2024
KesehatanTNI/POLRI

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Serta Perangkat Desa Selingsing Semprotkan Disinfektan di Pasilitas Umum

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Langkah-langkah untuk memutuskan penyebaran Covid-19, antisipasi dan cegah terjadinya cluster baru terus dilakukan dengan berbagai cara.

Kabupaten Belitung Timur yang belakangan ini terjadi kenaikan angka positif terpapar Covid-19 menjadi atensi dan catatan penting dari berbagai pihak, perlunya antisipasi dan tindakan konkret agar angka tersebut tidak semakin melonjak.

Bagaikan bertepuk sebelah kanan, jika upaya langkah-langkah untuk antisipasi dan cegah covid-19 hanya dilakukan oleh Pemerintah dan pihak terkait saja, jika masyarakat secara umum atau pribadi seseorang tidak mau peduli untuk taat dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Tujuan dari pada tindakan yang dilakukan adalah untuk menjaga suatu wilayah bisa dikatakan tetap zona hijau atau bebas dari covid-19.

Salah satu tindakan yang diambil adalah dengan menyemprotkan cairan disinfektan di benda-benda mati. Terutama di tempat fasilitas umum. Disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Pengertian lain dari disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan.

Seperti yang dilakukan oleh Bripka Yoan. A bersama Babinsa dan Perangkat Desa Selinsing melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah warga yang sedang menjalani isolasi mandiri, di rumah warga sekitar, fasilitas umum seperti masjid, Pom Bensin dan warga yang memiliki usaha kecil seperti warung.

Bripka Yoan. A selaku Bhabinkamtibmas menghimbau dan meminta kepada masyarakat, mari saling peduli dengan kondisi wilayah Kab. Beltim saat ini, khususnya sudah ada warga yang terpapar.

Untuk itu diminta dalam hal beraktivitas diluar rumah agar terapkan protokol kesehatan, disiplinkan diri untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Bripka Yoan juga yang tidak bosan-bosan mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat untuk peduli kesehatan dan keselamatan kita semua dari virus covid-19 yang mengancam saat ini. Karena virus ini tidak bisa terlihat dengan mata biasa, tidak tau dimana dan kapan menyerang kita.

“Untuk itu kita pribadi masing-masing disiplinkan diri terapkan protokol kesehatan seperti yang telah di anjurkan Pemerintah, hanya dengan cara itu kita bisa antisipasi dan mencegah penyebaran covid-19,” ujarnya

Selain dari pada protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kita akan lakukan upaya langkah-langkah yang kita nilai bisa efektif guna mencegah penyebaran virus covid-19, salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan di fasilitas umum. Karena kita menilai bahwa fasilitas umum merupakan salah satu tempat yang bisa menjadi cluster covid-19. Pungkas Bripka Yoan. A

 

Penulis : Tomy

Editor : Rudi H

Loading