Panitia Pilkades Pengasinan Kec. Gunungsindur Gelar Pengundian Nomor Urut dan Deklarasi Damai

Kab. Bogor,  Lensa Expose.com

Kepala Desa Pengasinan Kecamatan Gunungsindur Pjs. Odih Suryadi S.Sos tampak sibuk bersama staf Jayadi dan Syaeful Muis yang saat ini menjadi anggota Panitia Pemilihan Kepala Desa, Eka Kurniawati, Kamal, Suhandi Pepen, Gusnari, bersama Panitia Pilkades Pengasinan menyambut kehadiran Camat Gunungsindur Drs. Yodi MS Ermaya M.Si, Kapolsek Kompol. Darmawan, Wakapolsek Akp. Sumijo, Danramil Kapt. Inf. Rakhmat Saleh, Panit Binmas Ipda. Dewantoro, Babinmas Aiptu Rusnadi, Babinsa Serma Saiman, Staf Koramil Reyhan, Ketua BPD Yudi Yudas, anggotan KPPS serta ke 5 calon kepala desa terkait pengocokan nomor urut masing-masing yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pengasinan Kec. Gunungsindur Kabupaten Bogor dihadiri  oleh 5 calon kepala desa bersama para tim sukses dan pendukungnya, Minggu (13/12/2020)

Sambutan Ketua Panitia Pilkades Pengasinan yang diwakili oleh Wakil Ketua Aming Kuswanto, menjelaskan mengenai Surat Permendagri No. 72 Th. 2020 soal patuh akan protokol kesehatan dan mengatur tata cara pilkades. Panitia berharap pada semua calon kepala desa dapat menjaga kondusifitas, sehingga pilkades Pengasinan meraih sukses tanpa ekses.

Camat Drs. Yodi MS Ermaya M.Si membahas Surat Permendagri No. 10 Th. 2020 bahwa untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak boleh terjadi kerumunan, dan maksimal hanya 500 orang pemilih. Pada awalnya hanya 3 TPS, telah berubah menjadi 19 TPS. Bilamana para calon tetap ingin 3 TPS maka waktu pemilihan kepala desa akan diundur.

Ungkap Yodi kembali, keputusan tersebut diambil setelah melihat keberhasilan Pilkada pada tanggal 9 Desember lalu, sukses dimasa pandemi Covid 19 saat ini. Sementara setiap calon kepala desa harus menyiapkan saksi sebanyak 38 orang.

Kapolsek Gunungsindur Kompol Darmawan sangat berharap pada saat pencoblosan nanti, warga dan panitia harus memperhatikan dan wajib mengikuti protokol kesehatan. Diantaranya jangan lupa mencuci tangan dengan sanitizer dan juga mengenakan masker.

Komandan Koramil Gunungsindur Kapt.Inf Rakhmat Saleh menambahkan pengarahan dan penjelasan Kapolsek, pilkades saat ini terjadi perubahan karena turunnya Surat Permendagri, yang merubah dari 3 TPS menjadi 19 TPS Pilkades nanti jangan sampai menimbulkan gesekan dan perselisihan. Pihak Pemerintah Kecamatan, Polsek dan Koramil akan terus memantau hingga hajat pilkdes selesai. Para calon silahkan mengadu gagasan, visi dan misi untuk meraih simpati dari warga Desa Pengasinan.

Saat dilaksanakan pengocokan atau pengambilan nomor urut calon Kepala Desa dimulai dari Nomor urut hasil test balon kades dan dilanjutkan pengundian nomor urut calon kades. maka hasilnya adalah: No. Urut 1: Saat Hermawan, No. Urut 2: Budi, No. Urut 3: Nur Abdullah SE, No. Urut 4: Suro, dan No. Urut 5: Nurkholis.

Setelah pengundian Nomor Urut para calon kades berikrar menyatakan sikap Pilkades damai dan siap kalah siap menang masing calon menandatangi ikrar dan janji di hadapan peserta musyawarah Pilkades.

Dalam pantauan awak media Saat dimulai  acara Pengundian Nomor Urut dan Deklarasi damai sampai dengan selesai acara, berlangsung tertib dan aman.

Penulis : Zulfikar

 637 total views,  1 views today