Panitia Pilkades Pengasinan Gelar Rapat Penetapan DPT

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Sebanyak 88 desa di Kabupaten Bogor akan mengikuti proses pemilihan kepala Desa yang akan digelar secara serentak tangal 20 Desember 2020 salah satunya Desa Pengasinan yang sudah menjalani tahapan daftar pemilih tetap (DPT).

Untuk tahapan penetapan DPT, Perolehan hasi dari DPS menjadi DPT oleh Panitia Pilkades pengasinan Kecamatan Gunungsindur Kabupaten  Bogor pada hari jum,at 27/11/2020 menggelar rapat pleno DPT yang dihadiri seluruh panitia pilkades dengan Ketua panitia pilkades Idham Kholid, Kepala Desa Odih Suryadi.S.Sos, perangkat desa, Bhabinkamtibmas Aiptu pol.Rusnadi, Ketua BPD, Yudi dan anggotanya termasuk 5 Calon kades di antaranya, Nur Abdullah, Saat Hermawan, Budi, suroh, Nurholis serta para saksi , serta ketua RT/RW acara rapat berlangsung  diaula Desa Pengasinan.

Ketua Panitia Pilkades pengasinan Idham kholid dalam sambutanya saat memimpin rapat penetapan DPT mengatakan bahwa sesuai dengan aturan tahapan pelaksanaan Pilkades, dalam tahapan penetapan daftar setelah dievaluasi adanya penambahan pemilih sementara awalnya (DPS) 8.801 menjadi DPT Pemilih tetap menjadi 8.882 jiwa.

Dengan demikian, sesuai dengan tahapan yang berlangsung Idham kholid selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa dari DPS dan ditambahkan dengan DPTb diperolah hasil DPT sebanyak 8.882 warga yang nantinya bisa menggunakan hak pilihnya untuk ikut dalam Pilkades di Desa pengasinan dengan rincian sebanyak 4.469 pemilih laki–laki dan 4.413 pemilih perempuan.

Ketua Panitia juga mengatakan bahwa dalam proses pemungutan suara nantinya akan ada 3 zona tempat pemungutan suara sesuai dengan jumlah RW dan dusun yang ada di Desa Pengasinan dan akan dilaksanakan sesuai aturan yg disepakati seluruhnya.

Sementara itu, Pjs Kepala Desa pengasinan Odih Suryadi S.Sos yang juga  memberikan sambutan berpesan kepada seluruh panitia Pilkades untuk tetap melaksanakan demikian pula pada saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS harus taaat protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, cuci tangan/hand sanitizer memegang teguh prinsip kejujuran, transparan dan tetap netral dalam menjalankan amanah sebagai panitia Pilkades, sehingga nantinya proses pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan aman dan lancar hingga seluruh tahapan Pilkades selesai dilaksanakan.

Sedangkan Ketua BPD pengasinan, Yudi Yudas berpesan kepada ketua panitia pilkades pengasinan, Idham Kholid dan jajarannya serta seluruh perangkat desa, Yudi Yudas mengatakan bahwa sebagai mitra dari Kepala Desa dilapangan, seluruh perangkat desa harus bisa menjadi jembatan antar warga dengan Pemerintah desa mengenai hal–hal yang berkaitan dengan proses Pilkades, sehingga nantinya seluruh warga bisa mengerti dan mengetahui mekanisme Pilkades.serta netral.

“Semoga Pilkades di Desa kita ini bisa berjalan dengan aman dan lancar serta damai hingga selesai seluruh tahapan Pilkades”, harap Yudi Yudas mantap.

Bhabinkamtibmas Desa pengasinan Aiptu pol Rusnadi  yang juga hadir dalam rapat penetapan DPT kembali mengingatkan kepada seluruh Panitia Pilkades agar tetap menjaga integritasnya dengan tetap netral serta bekerja sesuai dengan aturan pelaksanaan Pilkades, sehingga nantinya tidak ada gejolak di masyarakat karena ketidak profesional Panitia dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara Pilkades.

Selain itu juga mengingatkan agar dijaman wabah pademi covid 19 protokol kesehatan tetap diindahkan, memakai masker, jaga jarak, cuci tangan serta jaga keamanan jaga setiap gejolak dan masukan dari masyarakat agar cepat direspon, sehingga masyarakat bisa mendapatkan penjelasan dan mengerti apa yang belum diketahui mengenai proses Pilkades.

“Jangan sampai ada gangguan keamanan sekecil apapun akan menjadi besar apabila kurangnya kita dalam merespon hal tersebut. Segera ditindak lanjuti, sehingga warga mendapat pengetahuan yang sebenarnya karena aman nyaman dari kita untuk kita,” tegas Aiptu pol Rusnadi.

Penulis : H. Nasrun

 900 total views,  1 views today