Sabtu, April 27, 2024
TNI/POLRI

Pola Ops Zebra 2020 Polres Beltim Beltim Barubah, Operasi 100 Persen PreEmtif dan PreVentif

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Polres Belitung Timur_ Operasi Kepolisian yang dilaksanakan dijajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung dengan sandi Ops Zebra Menumbing 2020 telah selesai dilaksanakan. Ops Zebra 2020 yang digelar mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 08 November 2020 berhasil dengan pencapaian target 100 Persen. Namun, tindakan hukum sesuai aturan juga tetap dilakukan, apa lagi yang ada didepan kasat mata petugas. Ops Zebra Menumbing 2020 yang dilaksanakan Polres Belitung Timur melibatkan 30 orang personil.

Untuk Polres Belitung Timur sendiri selama Ops Zebra melakukan penindakan hukum menghasilkan tilang dengan jumlah 59 dan teguran 55 dengan kriteria penindakan hukum sebagai berikut :

Pelanggaran Helm sebanyak 17 kali, Surat (SIM dan STNK) sebanyak 20 kali, Mobil Bak angkut barang yang digunakan untuk mengangkut orang 1 kali, Knalpot brong sebanyak 9 kali dan Kelengkapan ranmor sebanyak 12 kali.

Sedangkan untuk penindakan hukum dengan disertai barang bukti sita sebagai berikut:

SIM sebanyak 16 kali, STNK sebanyak 28 kali dan Ranmor sebanyak 15 kali.

Untuk kegiatan Ops Zebra Menumbing 2020 yang awalnya 80 % kegiatan Preventif dan PreEmtif serta 20% Represif, mulai hari ke 4 pelaksanaan Operasi sesuai perintah Kapolri diubah pola kegiatannya menjadi 100% kegiatan preEmtif dan preventif untuk lebih mendekatkan Polri khususnya Polantas dengan masyarakat.

Satuan Lalu Lintas Polres Beltim yang di pimpin oleh Kasat Lantas Iptu Sugraito melakukan banyak terobosan agar bisa lebih mendekatkan Satuan Lalu Lintas ke masyarakat. Untuk kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain:

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan melalui media online sebanyak 24 kali, Penyuluhan melaui media sosial sebanyak 156 kali, Penyuluhan dilokasi rawan laka dan pelanggaran sebanyak 19 kali, Pemasangan spanduk sebanyak 21 lembar, Pembagian brosur/leaflet sebanyak 570 lembar, Penempelan stiker “AYO PAKAI MASKER” sebanyak 530 lembar, Pembagian masker sebanyak 485 lembar, Teguran kepada pelanggar prokes Covid-19 sebanyak 74 kali serta Kegiatan Baksos sebanyak 80 kali.

Kegiatan Baksos yang dilaksanakan antara lain kegiatan Pembagian Nasi Kotak kepada petugas kebersihan dan petugas parkir di Pasar Lipat Kajang Manggar dan Kegiatan Donor Darah di UTD RSUD Kab. Beltim.

Selain itu pada kegiatan Operasi ini Sat Lantas Polres Beltim juga melaksanakan launching Kotak keselamatan berlalu lintas yang diserahkan langsung Oleh Bapak Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H bersama Dandim 0414 Belitung didampingi oleh Kasat Lantas Polres Beltim di Warkop Atet dan Warkop Angi Manggar. Selain Kotak keselamatan, juga dilakukan pemasangan taplak meja warung kopi berisi himbauan Protokol Covid-19.

Satgas Preventif melaksanakan kegiatan pengaturan, pengawalan dan patroli dialogis pada lokasi rawan laka lantas dan pelanggaran untuk memberikan himbauan agar para pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara mengingat sekarang sudah mulai musim penghujan dan selalu memakai masker jika keluar rumah saat menjalankan adaptasi kebiasaan baru, minimal menerapkan 3M. Menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *