Jumat, April 19, 2024
Peristiwa

Polres Beltim Kibarkan Bendera Setengah Tiang Untuk Menghormati Pahlawan Revolusi

Belitung Timur, Lensa Expose.com

Kapolres Belitung Timur, AKBP Jojo Sutarjo, SIK, MH merespon edaran kemendikbud terkait permintaan dari kemendikbud bahwa semua instansi pusat dan daerah serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sedangkan esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

Anjuran itu tertuang dalam surat edaran penyelenggaraan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila tahun 2020. ” kami merespon edaran kemendikbud terkait pemasangan bendera setengah tiang pada tanggal 30 September dengan tujuan untuk menghormati Pahlawan Revolusi dan mengingat tragedi menyedihkan dalam sejarah bangsa Indonesia serta menjelang peringatan tragedi G30S dan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober,” ujar Kapolres Belitung Timur Kepada Awak Media diruang kerjanya Rabu tanggal 30 September 2020.

Dikutip dari media online Surat edaran ini juga ditandatangani Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.
Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh,” demikian isi surat edaran tersebut.

Disebutkan tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini bertema ‘Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila’. Sejatinya upacara akan digelar pada Kamis (1/10) besok di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Namun karena situasi pandemi COVID-19, upacara itu digelar diminta digelar secara virtual dari kantor masing-masing instansi. Menteri, Pimpinan Lembaga Negara/Instansi Pusat beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing,” tulis surat edaran itu.
Disebutkan, kepala daerah wajib mengikuti upacara tersebut dari kantor masing-masing. Adapun Nadiem akan berpidato pada 30 September secara virtual.

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *