Sabtu, April 20, 2024
Pemerintahan

Kadis PUPR Depok Langsung Perbaiki Jalan Cendana Kelurahan Baktijaya Setelah Terima Laporan Warga

Depok, Lensa Expose.com
Jalan Cendana yang terletak di Kelurahan Baktijaya Kecamatan Sukmajaya Depok Timur, Jawa Barat, sudah beberapa tahun belakangan dikeluhkan oleh warga sekitar karena mengalami kerusakan yang cukup parah, seperti aspal yang hancur hingga berlubang di setiap beberapa meter jalan.

Jalan sepanjang kurang lebih 200 meter yang terdapat beberapa hunian asri tersebut sudah ada sejak Kota Depok berstatus kota administratif di tahun 1982.

Salah satu jalan utama yang memecah dua wilayah antara Rukun Warga (RW) 7 dan RW 10 yang berada di dekat Stadion Sepak Bola Mahakam merupakan jalur andalan warga yang tinggal di sebelah barat Kelurahan Baktijaya.

Hal itu dikemukakan oleh Haji Agus Firdaus, seorang warga Jalan Cendana RW 10 Kelurahan Baktijaya yang sejak awal sudah berinisiasi agar jalan yang melintang di depan rumahnya itu segera diperbaiki.

“Jika kondisi panas, jalan ini menimbulkan debu yang beterbangan. Sedangkan kalo hujan, akhirnya jadi becek genangan air di mana-mana. Ada di hampir sepanjang jalan,” terang Haji Agus, kepada awak media di kediamannya, Jumat (28/8).

Menurut Agus, sudah sejak 2 tahun lalu dirinya bersama warga lainnya mencoba melapor ke pemerintah setempat guna mengajukan permohonan agar kerusakan Jalan Cendana untuk diperbaiki segera.

Padahal, sambungnya, Jalan Cendana ini diandalkan oleh masyarakat sebagai akses alternatif menuju ke arah Jalan Juanda yang menghubungkan Jalan Raya Margonda atau ke arah Jalan Raya Bogor serta pintu tol Cijago-Kukusan.

“Saya dengan Mas Ferry dan Mas Benny pernah mencoba melaporkan kondisi jalan yang rusak dengan mengajukan semacam proposal permohonan dengan dilampirkan foto-foto kondisi jalan yang sudah di jilid. Cuma saat itu belum ada respon dan tidak ada tanggapan,” ungkapnya.

Namun Agus juga menyampaikan, bahwa dirinya bersyukur ada warga sekitar yang melaporkan kondisi jalan secara langsung kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono di suatu kesempatan pada awal Agustus lalu.

“Waktu itu, Pak Sidik bilang supaya kondisi jalan yang rusak-rusak untuk di foto secara lengkap, kemudian dikirim ke whatsapp (WA) beliau,” ucap Agus, sambil menunjukan foto-foto kondisi jalan yang cukup mengenaskan.

Ditambahkan oleh Agus, bahwa selanjutnya foto-foto kondisi Jalan Cendana baru dapat dikirimkan ke Kadiskominfo Sidik Mulyono pada hari Kamis 18 Agustus 2020 silam, dan dihari yang sama laporan langsung direspon untuk diteruskan kepada pihak terkait, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok.

“Alhamdulillah hari itu juga langsung direspon Pak Sidik, kemudian tidak sampai 2 minggu, sudah datang petugas yang memperbaiki jalan. Tepatnya hari Kamis tanggal 27 Agustus pagi datang petugas dengan truk-truk yang membawa kerikil dan aspal,” katanya, saat didampingi oleh Ferry dan Haryo.

Diungkapkan oleh Haji Agus Firdaus, dirinya mewakili warga sekitar sangat bersyukur karena Jalan Cendana yang sudah beberapa tahun mengalami kerusakan akhirnya diperbaiki, walaupun tidak diaspal secara keseluruhan namun kondisi jalan yang rusak dan berlubang kini sudah tertutup rapat.

“Saya mewakili warga sekitar Jalan Cendana mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kota Depok, kepada pihak-pihak pelaksana perbaikan jalan, Kepala Dinas PUPR Kota Depok Dadan Rustandi dan khususnya Pak Sidik Mulyono yang cepat merespon aspirasi warga disini,” pungkas Agus.

Sementara itu, pada pelaksanaannya perbaikan Jalan Cendana Kelurahan Baktijaya dilakukan selama dua hari, yaitu mulai sejak hari Kamis (27/8) pagi dan dilanjutkan sampai dengan hari Jumat (28/8).

Penulis : Irfan

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *