Kamis, April 25, 2024
TNI/POLRI

Kapolres Beltim Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Menumbing 2020

Beltim,  Lensa Expose.com

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Ops Patuh Menumbing 2020 di Polres Belitung Timur dilaksanakan pukul 08.00 Wib di halaman Mako Polres Beltim. AKBP Jojo Sutarjo, SIK, M.H selaku Kapolres Beltim bertindak sebagai pemimpin apel Ops Patuh Menumbing 2020. Apel gelar pasukan dihadiri oleh Bupati Kab. Beltim Yuslih Ihza, SE, Ketua DPRD Kab, Beltim Fezzi Ultolseja, SE, M.M, Danramil Manggar, Danpos AL, Forkopimda, para Perwira Polres Beltim dan Kapolsek Polsek jajaran, (23/07/2020).

00Pada saat apel gelar pasukan Ops Patuh Ipda Sua Fauzan Fataruba, S.Tr.K bertindak sebagai Komandan apel dengan susunan peserta apel antara lain TNI, Personel Polres Beltim dan Polsek jajaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan barisan kendaraan dinas. Untuk perwakilan penyematan pita operasi, Kapolres Beltim menyematkan kepada 4 perwakilan peserta apel (Polres Beltim, TNI, Dishub dan Sat Pol PP).

Pada saat membacakan amanat Kapolda Kep. Bangka Belitung Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat terkait Ops Patuh Menumbing, Kapolres Beltim menyampaikan Ops Patuh Menumbing 2020 akan di gelar selama 14 hari kedepan, mulai tanggal 23 Juli 2020 sampai dengan 05 Agustus 2020. Ops Patuh Menumbing 2020 kali ini juga diadakan untuk meminimalisir pelanggaran dan kejadian laka lantas jelang lebaran Idul Adha 1441 H yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam menghadapi tantangan tugas tersebut, Polisi lalu lintas terus berupaya dan berinovasi serta melaksanakan tugas secara profesional, lebih optimal dalam rangka mendukung program Kapolri khususnya program Promoter (Profesional-Modern-Terpercaya). Permasalahan yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas secara tidak langsung merupakan urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas.

Dari data Dir Lantas Polda Kep. Babel, jumlah kecelakaan lalu lintas Ops Patuh Menumbing 2018 sebanyak 279 kejadian, tahun 2019 sebanyak 370 kejadian. Dari data ini bisa dilihat kenaikan 91 kejadian atau naik sekitar 32,6 %. Untuk korban meninggal dunia di tahun 2018 sebanyak 208 orang, sedangkan di tahun 2019 sebanyak 202 orang. Terjadinya penurunan sebanyak 6 orang atau turun sekitar 2,8 %. Dari hasil evaluasi secara umum, dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt dan pelanggaran terhadap rambu / marka jalan. Untuk itu, sasaran pelanggaran pada ops Patuh Menumbing tahun ini dapat disesuaikan dengan trend dan karakteristik di kewilayahan.

Diharapkan jajaran fungsi lalu lintas mampu mempersiapkan langkah – langkah antisipasi baik secara taktis dan teknis maupun strategi agar dapat merubah mindset masyarakat sehingga menjadi sadar dan taat pada peraturan lalu lintas, sehingga mampu menciptakan Kamseltibcar lantas. Jika hal tersebut sudah bisa diterapkan oleh semua pengendara, maka potensi pelanggaran, kecelakaan lalu lintas maupun kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalisir. Ops Patuh Menumbing 2020 dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan penegakan hukum bagi para pelanggar lalu lintas dengan tetap memprioritaskan kegiatan Dikmas lantas yang mampu menciptakan sitausi Kamseltibcar lantas yang tertib dan mewujudkan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri khususnya fungsi bidang lalu lintas.

Ops Patuh Menumbing 2020 diharapkan dapat mencapai target dan tujuan antara lain, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.

Penulis : Tomy

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *