Pemerintah Desa Sukajadi Salurkan BLT-Dana Desa Kepada Warga

Garut, Lensa Expose.com

Masyarakat miskin yang terdampak pandemi Virus Corona (Covid-19) yang ada di desa Sukajadi Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut mulai bernafas lega pasalnya dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp 600 ribu per KK sudah cair .

Pencairan BLT-DD ini sebagai tindak lanjut peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dan peraturan Menteri Keuangan Nomor 40/PMK 07/2020.

Pemerintah Desa Sukajadi menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada 40 KK secara door to door diantar ke rumah masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Sukajadi Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut-JABAR, Kamis (14/05/2020).

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Sukajadi H.Imat Rohimat ketika ditemui di ruang kerjanya kantor Desa Sukajadi, Ia mengatakan, pemerintah desa sudah menyalurkan BLT kepada warga masyarakat yang terdampak Virus Corona (Covid-19) sebesar Rp 600 ribu per KK ada sekitar 40 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk 3 bulan yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus yang terdampak Corona.

“Berdasarkan Musyawarah Desa Khusus (Mudesus) yang dihadiri oleh Ketua BPD, Ketua RT/RW, Satgas Corona (Covid-19) dan tokoh masyarakat sudah menghasilkan kesepakatan sebelumnya bagi penerima BLT dilakukan verifikasi oleh Satgas Corona (Covid -19),” ungkapnya.

Kendati demikian, Imat Rohimat menjelaskan mereka yang menerima BLT benar-benar orang miskin yang masuk kriteria , yang sangat merasakan dampak Virus Corona (Covid-19).

“Dalam menentukan penerima BLT kami sangat hati-hati jangan sampai menimbulkan polemik atau kecemburuan sosial benar-benar seleksi yang ketat sesuai aturan Permendes PDT No 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa 2020 yang dialihkan untuk tanggap darurat dampak Virus Corona ( Covid-19) ,” jelasnya .

Kades Sukajadi berharap, saat ini kita sedang dilanda pandemi wabah Virus Corona (Covid-19) oleh sebab itu pemerintah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) untuk meringankan beban bagi masyarakat.

“Saya berpesan agar penerima BLT dapat memanfaatkan uang itu untuk membeli kebutuhan pokok yang lebih penting, kebutuhan pangan selama sebulan kedepan bisa aman,jangan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak penting, “ujarnya.

Selain itu sebagai kepala desa dirinya merasa kawatir dengan warga masyarakat tidaknya memahami pencegahan Corona (Covid-19), contoh tidak memakai masker dan sebagian masyarakat belum memahami diberlakukan PSBB,mudah-mudahan Allah SWT berkenan wabah ini segera selesai/ berakhir agar masyarakat desa kami tetap aman dan tentram, pungkasnya.

Salah satu warga penerima manfaat, Enti (80) Kp.Cilame Rt 01 Rw 04 Desa Sukajadi Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut mengatakan,Ia mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Sukajadi beserta jajarannya yang sudah membantu dan menyalurkan BLT , Dia juga mengaku sangat senang dan bersyukur yang di inginkan saat ini benar terwujud disaat wabah mendapatkan bantuan dari pemerintah ,
“Alhamdulillah dengan senang hati saya dapat bantuan ini dapat meringankan kebutuhan sehari-hari, ” tuturnya.

Penulis : Suwito

 231 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *