Selasa, April 23, 2024
Pendidikan

SDN Pasir Angin 02 Kec. Cileungsi Mengadakan Kantin Sehat

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Jajanan kaki lima sering kali kita temui didepan-depan sekolah, menunggu para siswa untuk membeli jajanan yang telah diperjualbelikan para pedagang kaki lima, padahal barang jajanan yang diperjualbelikan belum tentu higenis dan steril serta tidak menjamin untuk kesehatan.

Maka dari itu,demi menjamin kesehatan anak didik, SDN Pasir Angin 02 memfasilitasi kantin sehat untuk para pedagang yang sebelumnya berdagang bebas kini dibina oleh pihak sekolah tentang kebersihan dan jajanan layak makan dan tidak mengganggu untuk kesehatan anak.

Kepala sekolah SDN Pasir Angin 02, Hj.R.Sukmawati. S.Pd mengatakan, kami mengadakan kantin sehat ini atas dasar kepedulian kami terhadap kesehatan siswa-siswi SDN Pasir Angin 02, supaya anak-anak lebih pintar memilih jajanan, disisi lain jajanan diluar itu kita tidak tau kebersihan dan higenisnya,dan bahan apa saja yang dipakai untuk olahan jajanan anak-anak ini,bisa-bisa membuat anak-anak diare atau sakit lainnya atau barangkali tidak sekarang efeknya,jadi kami dari pihak sekolah menghindari itu supaya tidak mengganggu aktifitas anak didik dalam pembelajaran.

Seandanya anak didik sakit diare gara gara jajanan yang tidak higenis tentu sudah sangat merugikan,tidak bisa lagi mengikuti pelajaran,dan orang tua siswa juga kuatir hal itu terjadi.
Maka dari itu kami dari pihak sekolah bersama komite mengadakan kantin sehat,yang para penjualnya dibina dulu bagaimana cara menjajakan jajanan sehat,serta selalu menjaga kebersihan jajanan dan tempat berjualannya.disisi lain jajanan yang diperjual belikan kepada siswa-siswi ini sekali sebulan diperiksa oleh pihak dinas kesehatan,supaya jaminan jajanan makanan yang diperjualbelikan layak konsumsi,apalagi 99 % yang mengkonsumsi anak dibawah umur yang masih rentan terhadap penyakit,dan orang tua siswa juga sangat merespon positif tentang pengadaan kantin sehat disekolah SDN Pasir Angin 02 ini,anak-anak mereka terjaga dari sakit diare akibat jajanan sembarangan dipinggir jalan,tutur kepala sekolah.

Sebelumnya, Hj.R.Sukmawati. S.S.Pd pada peresmian kantin sehat ini dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2020 kemarin, dan dihadiri oleh pengawas dan komite sekolah serta perwakilan dari puskesmas pasir angin,dan mudah-mudahan ini jadi contoh yang baik buat sekolah-sekolah yang belum memiliki kantin sehat,kata ibu kepala sekolah SDN Pasir Angin 02 Ibu Hj.R.Sukmawati S pd.

Penulis : Bagariang

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *