Minggu, April 28, 2024
DaerahPeristiwa

Dilanda Hujan Deras Akibatkan Longsor, Akses Penghubung Dua Desa Terputus

Garut, Lensaexpose.com

Cuaca musim hujan di wilayah Kabupaten Garut Jawa Barat, kembali terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Kini tanah longsor terjadi di Blok Cikupakan, Desa Karyameja, Kecamatan Pasirwangi Garut.

Kejadian tanah longsor pada 11:30 WIB, hari Jumat 11 November 2021, cuaca di kabupaten Garut setiap hari Hujan terus.

Camat pasirwangi, Saepul Hidayat menyampaikan akibat dari tanah longsor ini menyebabkan jalan penghubung antar puncak darajat dengan kawah darajat terputus.

“Ini posisi nya di blok cikupakan, merupakan jalan perbatasan antara desa karyamekar dan desa sarimukti,” jelasnya dari pesan singkat aplikasi WhatsApp.

Saepul menambahkan, ada beberapa pegawai yang terjebak akibat terputusnya jalan yang biasa di lalui oleh petani dan pekerja proyek PT. Star Energy.

Selain di tempat kejadian bencana ini masih ada di juga yang terjadi dibeberapa daerah lain, seperti di desa padaawas. Kejadian tanah longsor ini diakibatkan oleh debit air hujan yang sangat tinggi, karena derasnya hujan yang terjadi di daerah tersebut.

Cuaca yang terus memburuk di takuti kembalinya bencana tanah longsor susulan, karna masih ada tanah yang berubah terlihat longsor-longsor kecil.

“Selain itu ada juga tanah longsor di daerah Sukasari desa padaawas ini panjang jalan yang terputus kurang lebih sekitar 100 meter dan ketinggian kurang lebih 70 meter, akibat debit air yang sangat tinggi,” jelasnya. (Rais /Dede Oren)

Loading