Senin, Juni 17, 2024
Sumatera UtaraTanjungbalai

Pemko Tanjungbalai Bersama Forkopimda Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Tanjungbalai | Lensaexpose.com

Pemerintah Kota Tanjungbalai bersama Forkopimda melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024 dengan mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, bertempat di Lapangan Sultan Abdul Djalil Rahmadsyah Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai, Sabtu (01/06/24).

Upacara dipimpin oleh Danlanal TBA Letkol Laut (P) Wido Dwi Nurgraha SE, Mtr. Opsla, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ada pun sebagai Komandan Upacara adalah Lettu Laut (E) Hairul Hazazi Ritonga dan sebagai Perwira Upacara adalah Letda Laut Irianto.

Tampak hadir mewakili Wali Kota Tanjungbalai oleh Pj Sekda Tanjungbalai, Kapolres Tanjungbalai, Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai, Kepala BNN Kota Tanjungbalai, mewakili Dandim 0208/AS, mewakili Kajari Tanjungbalai, mewakili Pengadilan Negeri Tanjungbalai, Ketua LVRI Kota Tanjungbalai, Asisten Administrasi Umum Pemko Tanjungbalai, mewakili Ketua KPU Kota Tanjungbalai, OPD se-Kota Tanjungbalai.

Upacara ini juga melibatkan berbagai kesatuan TNI AL, TNI AD, Brimob, Polres, Korpri Pemko Tanjungbalai, , Sat Pol PP, BPBD, FKPPI, Pramuka, Kepala Lingkungan dan pelajar Kota Tanjungbalai.

Rangkaian acara dimulai dengan Persiapan oleh Komandan Upacara, dilanjutkan dengan Penghormatan kepada Inspektur Upacara, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, dan Pembacaan Teks Pancasila serta Pembukaan UUD 1945.

Selanjutnya selaku inspektur upacara, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Wido Dwi Nurgraha SE, Mtr. Opsla, membacakan amanat upacara dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI), Yudian Wahyudi. Dalam amanatnya, menyampaikan bahwa tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”, ujarnya.

Beliau juga mengatakan bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya

Diakhir pidato beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia”, pungkasnya.(A Fazari).

Loading