Jumat, Juni 14, 2024
BogorJawa BaratPeristiwa

Dilanda Hujan Deras Kali Cibeuteung Babakan Meluap, Hektaran Tambak Milik Warga Terendam

CISEENG,Lensaexpose.com – Akibat hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Bogor dalam waktu semalam, membuat beberapa wilayah dikabarkan alami musibah hidrometeorologis seperti banjir dan tanah longsor.

Dari data BPBD Kabupaten Bogor, disebutkan ada beberapa laporan musibah yang terjadi akibat dampak hujan dengan intensitas lebat dan lama yang terjadi semalam.

“Ada beberapa laporan kejadian bencana diantaranya dari Kecamatan Ciawi dan Megamendung. Lalu ada jalan setapak dilaporkan longsor di Rancabungur,” ungkap M. Adam Hamdani, Kabid Ratik BPBD Kabupaten Bogor, Sabtu (25/5).

Sementara di Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, berdasarkan informasi warga, akibat hujan semalam telah membuat sejumlah empang (tambak) budidaya ikan milik warga terendam banjir.

“Sungai Cibeuteung meluap, akibatnya banyak empang ternak ikan milik warga terendam. Banyak empang yang jebol, terutama di kampung Babakan Sabrang,” ungkap Santi (35) warga desa tersebut.

Hal ini dibenarkan warga lainnya, Kikin yang mengaku sejak pagi hari sudah ada di sekitar lokasi yang dilanda banjir itu. Diungkapkan, air sungai Cibeuteung yang meluap, merendam kolam ternak milik warga yang jumlahnya sangat banyak dan luasnya hektaran.

“Tadi pagi saya sudah ke lokasi. semua rata tertutup air. Kolam ternak ikan lele, bawal, gurame, koi dan lain – lainnya, semua terendam air. Di depan kantor Desa Babakan juga kolam ternak ikan rata terendam air,” ungkapnya.

Dikonfirmasi soal laporan musibah ini, Sekcam Ciseeng Ahmad Rosadi dan Kepala Desa (Kades) Babakan Marwan Suherwan, hampir memberikan jawaban yang serupa.

“Iya betul ada luapan sungai Cibeuteung. Kami baru akan memantau sekaligus mendata terkait kejadian musibah itu,” ujar Kades Babakan Marwan Suherwan. (Rdy)

Loading