Selasa, Juni 18, 2024
CiamisDaerahJawa BaratPemerintahanPendidikanSosial & Budaya

KKG Pamarican Ciamis Gelar Olahraga Tradisional Tingkat SD Korwilbidik

Ciamis,lensaexpose.com – Gelaran olahraga tradisional yang di selenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) tingkat SD Korwilbidik Kecamatan Pamarican rutin di laksanakan tiap tahun.

Bertujuan supaya kita sebagai anak negeri baik dari kalangan pelajar maupun dari kalangan umum bisa mencintai dan melestarikan olah raga tradisional.

Pelaksanaan olah raga tradisional itu di laksanakan di dua tempat, yakni di lapangan sepak bola Dita Kerti Pamarican dan di lapangan aula gedung SMPN 1 Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis pada, Sabtu (16/09/2023).

Ketua panitia pelaksanaan olah raga tradisional, Nanang Sukmana menjelaskan dengan di laksanakan nya kegiatan olah raga tradisional yang biasa di laksanakan tiap tahun bisa memicu kita semua untuk mencintai, memelihara dan melestarikan olah raga tradisional yang sudah ada dari moyang nya.

“Kegiatan ini bisa terselenggara atas kerja sama dengan rekan rekan guru olah raga Korwilbidik Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, dengan tujuan supaya prestasi juara di bidang olah raga tradisional bisa di pertahankan baik di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” ujarnya.

Kegiatan olah raga tradisional tingkat SD Kirwilbidik Kecamatan Pamarican ini di ikuti oleh tiga puluh enam (36) Sekolah Dasar dan delapan ratus dua puluh satu (821) putra-putri yang mewakili sekolah nya, masing-masing ke ahlian siswa siswi dari bidang olah raga tradisional tersebut dan ada delapan(8)bidang olah raga tradisional yang di perebutkan menuju juara, satu(1),dua (2) dan tiga (3) meliputi:

1. Tarompah

2.Egrang

3. Adang

4. Dogongan

5. Bakiak

6. Boy boyan

7. Baren

8. Sumpitan

Juara 1, 2, 3, dari olah raga tradisional mewakili ke tingkat Kabupaten untuk meraih juara dan bisa juga di tingkat provinsi dan nasional, bahkan olah raga tradisional KORWILBIDIK Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis sering meraih juara tingkat nasional, maka dari itu pembinaan untuk olah raga nasional harus sering ada latihan.

“Harapan saya pemeliharaan dan di lestarikan oleh semua guru olah raga terhadap siswa siswi nya supaya tetap berprestasi dan juara. Semoga lancar, sehat,Selamat dan jadi juara,” pungkasnya. (Omay)

Loading