Selasa, Juli 23, 2024
BogorDaerahSosial & Budaya

Wujudkan Kepedulian Sosial, PT. SBI Narogong Bagikan 27 Hewan Kurban Pada Masyarakat

BOGOR,Lensaexpose.com – Sambut Hari Raya Idul Adha 1444 H, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong yang merupakan anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – SIG, membagikan 27 ekor hewan kurban yang terdiri dari 13 ekor sapi dan 14 ekor kambing kepada masyarakat dan pemangku kepentingan di sekitar area operasional.

Hewan kurban ini didistribusikan melalui Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan Klapanunggal, Pemerintah Kabupaten Bogor, Dinas terkait serta Masjid Al Banna secara bertahap mulai tanggal 27–28 Juni 2023.

General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong, Nur Lailiyah mengatakan perayaan Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen penting untuk menjaga silaturahmi dan kebersamaan dengan para pemangku kepentingan.

Laily menambahkan, program ini juga sebagai wujud penghormatan SBI atas kearifan lokal masyarakat khususnya umat Islam.

Sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat, lanjutnya, SBI ingin terus memberi kontribusi dan berbagi kemanfaatan kepada yang membutuhkan agar perayaan ini bisa dirasakan secara bersama-sama.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dan peran aktif perusahaan pada kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) demi mewujudkan masa depan yang kita mau serta mendorong pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat sekitar,” tutur Laily, Rabu (28/6/2023).

Laily menambahkan, bantuan hewan kurban yang didistribusikan setiap tahunnya merupakan hasil pengelolaan yang dilakukan oleh Kelompok Ternak Wiratani yang beranggotakan warga masyarakat sekitar perusahaan dan telah dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit yang biasa menyerang sapi yaitu Penyakit Mulut & Kuku (PMK) serta Lumpy Skin Desease (LSD) atau yang biasa disebut masyarakat sebagai penyakit lato – lato.

Ia mengungkapkan bahwa PT SBI memiliki program terintegrasi yang melibatkan peran aktif peternak dan petani binaan CSR SBI Pabrik Narogong untuk mengelola hewan ternak dan penanaman di area reklamasi yang hasilnya dapat digunakan sebagai pakan ternak.

“Selain itu kami juga memastikan bahwa hewan ternak yang kami kembangkan telah termonitor dengan baik kondisi kesehatannya sehingga aman untuk disalurkan dan dikonsumsi,” jelas Laily.

Sebelumnya, SBI Pabrik Narogong juga menggelar sosialisasi mengenai penyakit hewan PMK & LSD kepada sekitar 20 orang anggota Kelompok Ternak yang dihadiri oleh Dokter perusahaan dan UPT (Unit Pelaksana Teknis) Peternak Jonggol.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan penanganan lebih lanjut apabila kondisi tersebut terjadi pada hewan ternak mereka”, tambah Laily.

Sementara itu, Neneng Robinah, Kepala Desa Kembangkuning menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh SBI Pabrik Narogong.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini. Semoga SBI semakin berkembang dan terus berkontribusi dalam pengembangan masyarakat disini,” tukasnya. (Rdy/ Tom)

Loading