Senin, Juli 22, 2024
BogorJawa Barat

Walaupun Ramai, Petugas Pelayanan Disdukcapil Kab. Bogor Tetap Semangat Berikan Layanan Prima

Kab. Bogor, Lensa Expose.com

Dalam upaya meningkatkan dokumen kepemilikan kependudukan bagi warga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Bogor terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil untuk mengurus keperluan dokumen kependudukannya.

Terlihat suasana yang cukup padat di ruangan kantor pelayanan Disdukcapil kabupaten Bogor, namun petugas yang standby selalu memberikan layanan cepat kepada masyarakat yang datang, terutama petugas bagian Informasi yang selalu memberikan penjelasan dengan sabar kepada mereka yang bertanya mengenai informasi kependudukan. “Semua yang mereka tanya mengenai informasi kependudukan, saya akan jelaskan sebisa yang diketahui,” ujar Didu, salah seorang petugas informasi yang ditemui media ini di ruangan kantor pelayanan Disdukcapil, Jum’at  (16 Juni 2023)

“Hampir setiap hari suasana seperti ini pak, pengunjung  yang datang ingin dilayani cepat bahkan terkadang mereka meminta untuk didahulukan dan ada yang minta informasi mengenai data apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengurus dokumen kependudukan. Saya harus dengan sabar melayani mereka, “jelas Didu dengan mimik muka serius.

Dikatakan Didu dirinya memang harus sedikit sabar menghadapi pengunjung, terkadang mereka bertanya secara serentak untuk mendapatkan informasi  yang mereka butuhkan, ada pengunjung yang dengan penjelasan singkat sudah mengerti dan ada juga yang harus menjelaskan secara rinci baru mengerti dan terkadang ada yang sudah dijelaskan berulang ulang namun tetap bertanya terus. “saya harus tetap melayani mereka karena itu pekerjaan yang diberikan kepada saya, “terang Didu.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Chaerudin Felani saat ditemui media ini mengatakan layanan kepemilikan dokumen kependudukan terus ditingkatkan agar masyarakat yang datang untuk mengurus dan mendapatkan informasi bisa mendapatkan apa yang diinginkan. “kami selalu sampaikan hampir setiap hari kepada staf yang berhadapan langsung dengan masyarakat agar tetap semangat dan tetap memberikan pelayanan yang baik, jangan ada pilih kasih dalam memberikan pelayanan,”jelas Felani.

Dikatakan Felani Disdukcapil memiliki beberapa UPT yakni UPT Parung, Rumpin, Leuwisadeng, Cibungbulang, Cijeruk, Ciawi dan UPT Cileungsi yang fungsinya juga sama dengan kantor Disdukcapil yang berada di Tegar Beriman, mereka melayani masyarakat yang ingin mengurus kepemilikan dokumen kependudukan. “Selain UPT, di kantor kecamatan juga bisa melayani kepemilikan dokumen kependudukan. Silahkan kepada warga kabupaten Bogor yang ingin mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan bisa mendatangi kantor UPT atau kecamatan,”papar Felani. (Irfan Lubis)

 

Loading