Sabtu, Mei 25, 2024
Sumatera UtaraTanjungbalai

Sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis Percepatan Penerapan Sistem Informasi ASN dan SIMPEGNAS di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai

Tanjungbalai, Lensaexpose.com

Diperkiran Pukul 08?00 WIB bertempat di Aula Sutrisno Pemko Tanjungbalai Jalan Jendral Sudirman KM 5,5 Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai telah dilaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis Percepatan Penerapan Sistem Informasi ASN dan SIMPEGNAS di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai.Adapun jumlah yang hadir kurang lebih 300 orang.

Turut hadir sebagai berikut : Walikota Tanjungbalai H.Waris Tholib S.Ag MM Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, S.Kom, M.Si, Wakil Ketua II DPRD Kota Tanjungbalai Drs. Syahrial Bakti, SH. Mewakili Dandim 0208/As,Kapten Inf Endar Siregar Danramil 17/DB
Mewakili Danlanal TBA Kapten Laut (E) Kurniawan, Mewakili Kapolres Tanjungbalai oleh Kabag Sumda an. Kompol J. Sinaga, Ketua Pengadilan Agama Tanjungbalai Dr. Hj. DEVI OKTARI, SH., MH
Mewakili Kajari Tanjungbalai Nurul Ayu Rezeki SH. MH, Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Oleh Dr Janry Haposan Simanungkalit S. Si. M.Si, Sekda Kota Tanjungbalai Nurmalini Marpaung S.Sos. Mi.Kom, Asisten Administrasi Umum Pemko Tanjungbalai Dra Walman Riadi P Girsang M.A.PPara OPD Camat sekota Tanjungbalai Lurah Sekota Tanjungbalai.

Sambutan Kepala Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Oleh Dr Janry Haposan Simanungkalit S. Si. M.S i menyampaikan Pembinaan menejemen ASN adalah Koor bisnis dalam menejemen ASN, BKN terus melaksanakan pelayanan yang terbaik bagi ASN.
Pokus acara ini kita membahas tentang pelayanan dengan kertas yaitu manual kita akan mengubah dengan cara digital.
Ada frogram khusus dari Pemerintah Kota Tanjungbalai kepada seluruh ASN Tanjungbalai menerapkan tentang menajemen ASN. Pemerintah Kota Tanjungbalai akan menerima Penghargaan tentang Komitmen nya terhadap ASN. Kami mengucapkan Terima kasih kepada Deputi BKN karena sudah hadir di acara ini.

Sambutan Walikota Tanjungbalai H. Waris Tholib S. Ag. MM menyampaikan : Penghargaan dari BKN yang diberikan kepada Pemerintah kota Tanjungbalai akan menjadi percontohan se Indonesia.
Pemerintah Kota Tanjungbalai mempunyai ASN sebanyak 2511 orang Alhamdulillah kami juga memiliki anggota legislatif sejumlah 25 Kursi tetapi sekarang 23 orang karena 1 meninggal dan 1 lagi sedang sekolah.
Sampai saat ini Eksekutif dan legislatif kami sangat kompak dalam membangun Kota Tanjungbalai menjadi yang lebih baik.
Komitmen Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk merubah kebiasaan yang salah agar menjadi kebiasaan yang lebih baik.
Kami sampaikan saat masyarakat masih belum percaya dan Komitmen kami membenahi dengan cara melatih mempaatkan waktu yang tepat.
– Kami juga berkomitmen untuk tidak jual beli proyek dan jabatan, dan mohon kepada ASN mengikuti pembelajaran uji kompetensi.

Paparan oleh Kepala BKN RI Dr Ir Bima Haria Wabisana M. S.Is menyampaikan :Ada sebanyak 328 Instansi Pemerintahan sudah meminta sistem Aplikasi yang sudah kami buat dan akan kami berikan.
Kita harus mengingat Arahan bapak Presiden RI yaitu saya ingatkan bahwa kita harus tetap pokus pada misi besar kita, yaitu Reformasi Struktural yang harus Terus tetap berjalan, Reformasi untuk percepatan dan pemerata pembangunan, baik itu berupa reformasi regulasi ” Reformaasi Birokrasi ”
Ada 3 Reformasi Birokrasi yaitu :

Birokrasi yang berdampak dirasakan langsung masyarakat. Reformasi Birokrasi bukan tumpukan kertas.
Birokrasi lincah dan cepat. Ada juga arahan oleh Mentri Pan RB menyampaikan Inplementasi SIASN atas 3 layanan yaitu kenaikan pangkatpangkat, Pensiun, dan pindah Instansi Pemerintah (100℅ menggunakan SIASN ) serta pemangkasan proses bisnis layanan kepegaawaian.

Permasalahan Kualitas data, Keakuratan datadata, keterpaaduan data penyebabnya adalah Kontribusi ASN dalam proses PDM belum Maksimal, Proses peremajaan data hanya dilakukan pada saat akan mendapatkan layanan kepegawaiankepegawaian dan Dampaknya adalah Dataa Anomali. Isu Stategis Penataan ASN dan pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik.

Penyerahan sebagai instansi Pilot project penerapan manejemen talaenta di lingkungan Pemko Tanjungbalai,penyerahan SK Pensiun secara simbolis dan penukaran cendera mata

Dalam Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Tekhnis Percepatan Penerapan Sistem Informasi ASN dan SIMPEGNAS di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai ini merupakan pengalihan pengisia data kepegawaian yang dulunya secara manual dan di alihkan ke sistim digital.

Penghargaan dari BKN yang diberikan kepada Pemerintah kota Tanjungbalai akan menjadi percontohan tentang pendataan kepegawaian se Indonesia. (A Fazari)

Loading