Jumat, Maret 29, 2024
Pemerintahan

Pemerintah Kota Tanjungbalai menggelar acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pegawai Negeri Sipil.

Tanjungbalai Lensaexpose.com

Acara berlangsung di Aula I Sutrisno Hadi Lt 3 Kantor Walikota, Jumat pagi (27/1).

Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib melakukan langsung pengambilan sumpah jabatan dan melakukan penandatanganan berita acara serta penyematan tanda jabatan kepada pejabat yang disumpah.

Berikut Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemkot Tanjungbalai yang dilantik :

1. Nurmalini Marpaung Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Lama) Menjabat Sekretaris Daerah (Baru).

2. Pahala Zulfikar Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Lama) Menjabat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Baru).

3. Zul Abdiman Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Lama) Menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Baru).

4. Siti Fatimah Sekretaris Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (Lama) Menjabat Kepala Badan Pengelola Keuangan,
Pendapatan dan Aset Daerah.

5. Hj Milfa Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Lama) Menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat
Kelurahan (Baru).

6. Yustina Clara Sidabutar Sekretaris Dinas Perdagangan dan
Perindustrian (Lama) Menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Baru).

7. Suhada Kepala Bidang Penganekaragaman, Konsumsi dan Kemanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian (Lama) Menjabat Kepala Dinas Pangan dan Pertanian.

8. H Asmui Rasyid Marpaung Sekretaris Dinas Perumahan dan
Kawasan Permukiman (Lama) Menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Baru).

9. Agus Salim Lubis Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan
Penataan Ruang (Lama) Menjabat Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil
dan Menengah (Baru)

10. Amran Sanusi Rambe Penyusun Program, Anggaran dan Pelaporan Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Kota Medan (Lama) Menjabat Kepala Dinas Perhubungan (Baru).

11. Muhammad Amin Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Lama) Menjabat Kepala Dinas Kepemudaan, Olah
Raga dan Pariwisata (Baru).

12. Hj Nurhidayah Aritonga Kepala Puskesmas Kecamatan Datuk Bandar (Lama) Menjabat Kepala Dinas Kesehatan (Baru.

13. Andrinuka Saptana Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Lama) Menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Baru).

Sambutan Wali Kota Tanjungbalai H Waris Tholib;

“Alhamdulillah, kita baru saja mengikuti proses pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama di
lingkungan pemerintah kota Tanjungbalai. Semua ini merupakan salah satu rangkaian proses yang harus kita jalankan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan. Pelantikan dilaksanakan dalam rangka peningkatan efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Pelaksanaan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan pemerintah kota Tanjungbalai dimulai dari melaksanakan koordinasi hingga pada akhirnya memperoleh
rekomendasi dari komisi aparatur sipil negara nomor b-153/jp.00.00/01/2023 tanggal 12 januari
2023 perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka jpt pratama di lingkungan pemerintah kota
Tanjungbalai.

Oleh karena itu, setelah melalui proses yang begitu panjang, saya mengucapkan selamat kepada
pejabat pimpinan tinggi pratama yang baru saja dilantik. Saya yakin penempatan saudara pada
jabatan yang baru ini, selain memenuhi syarat untuk diamanahkan menduduki jabatan sesuai dengan hasil yang diperoleh, juga merupakan pilihan yang terbaik untuk dapat bekerjasama mewujudkan harapan dan kemajuan di kota yang tercinta ini sesuai dengan visi dan misi kota Tanjungbalai.

Untuk itu, saya meminta agar saudara-saudara pejabat yang baru dilantik dapat menghayati serta menjiwai peran dan fungsinya tersebut, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar, untuk lebih mendinamisasikan organisasi pemerintah kota Tanjungbalai.

Bekerjalah dengan sebaik-baiknya, tunjukan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme, serta integritas dalam setiap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi saudara nantinya.
Selain harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas administratif, saudara-saudara juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan mampu
berkoordinasi serta berkomunikasi secara produktif kepada seluruh institusi baik internal maupun eksternal.

Kita sepenuhnya harus menyadari bahwa fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, harus mampu di emban dengan baik. Mari bekerja keras, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas, dengan memberikan respon yang cepat dan tepat, dalam menjalankan tugas-tugas kedinasan dan senantiasa peka terhadap lingkungan sekitar, untuk segera mencarikan
solusi yang efektif, terhadap berbagai permasalahan yang muncul tanpa mengabaikan
komunikasi dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak terkait, serta tanpa mengabaikan
unsur utama dalam mencapai tujuan organisasi.

Penetapan seseorang pada suatu jabatan, pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan
dan pengakuan terhadap kredibilitas untuk menduduki jabatan tersebut. Kepercayaan dan
pengakukan itu adalah kehormatan
yang mengandung kewajiban, tugas dan tanggung jawab. Oleh karenanya kewajiban harus ditunaikan, tanggung jawab harus dipikul dan tugas harus dilaksanakan.

Saya ingatkan, semua tindakan dan kebijakan harus tertib dalamn administrasi, tertib aturan,
dan tertib dalam pengelolaan keuangan dan anggaran, sehingga semua tindakan dan kegiatan
dapat dipertanggungjawabkan dengan baik,” papar Walikota Waris.

Adapun Dasar Pelantikan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai tahun 2023 :

1. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

2. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

3. Surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-153/JP.00.00/01/2023 tanggal 12 Januari 2023 perihal Rekomendasi Hasil Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Tanjungbalai.

4. Surat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor: 821.2/0304/BK-SU/III/1/2023 tanggal 17 Januari 2023 perihal Persetujuan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai.

5. Keputusan Walikota Tanjungbalai Nomor 820/22/K/2023 tanggal 26 Januari 2023 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Di Lingkungan Pemerintah
Kota Tanjungbalai.

( A Fazari )

Loading